Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124271
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | KARTIKA, Adelea Wardah | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-28T01:52:00Z | - |
dc.date.available | 2024-08-28T01:52:00Z | - |
dc.date.issued | 2023-01-27 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124271 | - |
dc.description | Finalisasi Oleh Taufik_Lia Tgl 28 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Seiring dengan perkembanagan zaman ilmu pengetahuan semakin maju dan perkembangan teknologi semakin pesat. Hal itu bisa dilihat pada alat komunikasi yang semakin canggih yang membuat seseorang dapat berkomunikasi dengan siapa saja tanpa dibatasi dengan jarak yang ada. Hal itu dikarenakan adanya akses internet yang membuat kita bisa memperoleh suatu informasi dengan cepat. Hal itu tida terlepas juga yang terkait dengan dunia pendidikan misalnya adanya e-learning yang membuat proses pembelajaran bisa lebih menarik dan bisa merambah menempuh jarak yang tak terbatas sehingga dengan adanya media pembelajaran berupa e-learning maka pembelajaran bisa inovatif, kreatif, dan bervariasi. Dengan menggunakan media pembelajaran e-learning berarti membawa sebuah inovasi baru yang membuat peserta didik tida hanya mendengarkan materi yang diberikan oleh pendidik tetapi mereka dapat melihat, mendengar, dan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan materi yang diajarkan oleh pendidik dengan memanfaatkan hasil teknologi yang berupa e-learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun tempat penelitian nya di SMA Negeri 1 Lumajang. Penelitian ini dilakukan dengan terlebih dahulu memilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas observasi dan dilanjut dengan kegiatan wawancara sebagai bukti pendukung kemudian pada saat penelitian menggunakan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan e-learning Google Classroom dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan e-learning Wiziq. Kedua kelas tersebut samasama diberi perlakuan yang berbeda, dan hasilnya juga berbeda. Ternyata kelas yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan e-learning Wiziq memiliki nilai yang lebih tinggi,dibandingkan dengan kelas yang diberi perlakuan Google Classroom. Desain penelitian ini menggunakan desain eksperimental yang didasarkan pada pretest-posttest control group design dengan mengkombinasikan hasil pretest dan posttest pada kelompok yang diberi perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji Anacova berbantuan Statistical Product and Service Solutions atau SPSS 24.0. Adapun dari hasil penelitian antara lain sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan e-learning Wiziq terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis uji anacova pada variabel kemampuan hasil belajar memperoleh nilai hasil uji f antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen menunjukkan nilai sebesar 10,06 dengan signifikan sebesar 0,02. Karena nilai signifikan ≤ daripada taraf signifikan α=0,05 maka hal tersebut memperlihatkan hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-learning Wiziq dan Google Classroom. Begitu pula bila dilihat dari nilai pretest pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 60,86 dan nilai pretest eksperimen rata-rata 60,81. Kemudian setelah diberi perlakuan ternyata nilai posttest hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 85,12. Sedangkan nilai posttest hasil belajar peserta didik kelas kontrol diperoleh rata-rata 79,31. Hasil belajar tersebut menunjukkan kelas eksperimen yang menggunakan e-learning wiziq memiliki nilai yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran menggunakan google classroom. 2. Sedangkan dilihat dari Tingkat efektivitas penggunaan e-learning Wiziq terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah, partial eta square nilai nya 0,140 sementara itu menurut kohen 10-29=small, 30- 49= medium, 50-1.0= large. Dari pernyataan di atas nilai 0,140 kategori small artinya dapat memberikan efektivitas yang kecil terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Lumajang pada mata pelajaran Sejarah dengan materi Pendudukan Jepang. Begitu pula bila diuji dari keefektivan relatif diperoleh hasil 7,067% hal itu menunjukkan kategori keefektivan sangat rendah. | en_US |
dc.description.sponsorship | Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pd Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M. Ed | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PENGARUH | en_US |
dc.subject | E-LEARNING WIZIQ | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.subject | MATA PELAJARAN SEJARAH | en_US |
dc.title | Pengaruh Penggunaan E-learning Wiziq terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Lumajang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik3 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi Adelea Fix.pdf Until 2028-03-28 | 1.64 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools