Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124265
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | AZIZAH, Imroatul | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-28T01:41:46Z | - |
dc.date.available | 2024-08-28T01:41:46Z | - |
dc.date.issued | 2023-01-30 | - |
dc.identifier.nim | 160210101111 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124265 | - |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 28 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Teknologi mengalami perkembangan setiap waktunya. Teknologi yang berkembang pesat membuat dampak di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi merupakan salah satu inovasi yang dapat digunakan untuk dapat menggunakan teknologi dalam pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi dapat menjadikan pembelajaran di kelas lebih menarik sehingga siswa dapat semakin aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Penggunaan media pembelajaran yang relevan dapat dioptimalkan untuk menyampaikan konsep materi sehingga siswa dapat memahami konsep dengan mudah. Media pembelajaran ini berisi konsep dan soal tentang materi barisan dan deret geometri. Pembuatan media pembelajaran menggunakan software Articulate Storyline yang dapat digunakan secara offline. Penelitian pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu preliminary research phase (fase penelitian pendahuluan), development or prototyping phase (fase pengembangan), dan assessment phase (fase penilaian). Media pembelajaran yang dikembangkan harus memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian ini dilakukan kepada 36 siswa kelas XI IPA 1 di MAN 2 Jember.Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berdasarkan aspek kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (novelty). Penggunaan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yang dilihat dari nilai rata-rata post-test lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai rata-rata pre-test. Berdasarkan analisis uji N-gain untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,68 yang termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, berdasarkan hasil uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline pada materi barisan dan deret geometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd. Saddam Hussen, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | ARTICULATE STORYLINE | en_US |
dc.subject | KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF | en_US |
dc.subject | BARISAN DAN DERET GEOMETRI | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Articulate Storyline pada Materi Barisan dan Deret Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa | en_US |
dc.title.alternative | Developing Articulate Storyline-Assisted Learning Media on the Topic of Geometric Sequences and Series to Improve Students' Creative Thinking Skills | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.type | Other | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arika Indah Kristiana, S.Si., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Saddam Hussen, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SIDANG FIX.pdf Until 2028-03-21 | 7.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools