Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124239
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | FATMAWATI, Diana | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-27T03:26:42Z | - |
dc.date.available | 2024-08-27T03:26:42Z | - |
dc.date.issued | 2023-03-09 | - |
dc.identifier.nim | 190210303019 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124239 | - |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 27 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran di Indonesia di era digital terus mengalami perkembangan termasuk dalam pembelajaran geografi. Kemampuan berpikir spasial menjadi salah satu tujuan yang penting dari pembelajaran geografi. Siswa perlu memiliki kemampuan berpikir spasial untuk memudahkan siswa dalam menghadapi maupun menganalisis permasalahan yang terjadi di suatu wilayah. Permasalahan yang terjadi di sekolah yaitu kemampuan berpikir spasial siswa yang masih rendah, hal ini terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan masih berfokus pada guru sehingga siswa terkadang merasa bosan, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang variatif, dan sumber belajar yang minim karena mayoritas masih terpusat pada buku LKS. Model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbasis Augmented Reality (AR) dapat diterapkan peneliti sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa. Model pembelajaran ini merupakan model yang menghadapkan siswa secara langsung pada suatu atau sejumlah sumber belajar dengan segala hal yang berkaitan dengan sumber belajar. Peneliti juga menggunakan media berbasis Augmented Reality (AR) yang dapat menampilkan objek geografi secara 3D. Pembelajaran model ini menciptakan suasana pembelajaran geografi yang lebih menyenangkan dan menarik minat siswa. Siswa dapat belajar mandiri untuk mencari informasi melalui berbagai sumber belajar dan melatih kerjasama antar siswa melalui diskusi kelompok. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbasis Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design, dimana peneliti tidak memilih sampel penelitian secara random. Pemilihan sampel dilakukan dengan melakukan uji homogenitas dari nilai ulangan harian siswa pada bab sebelumnya. Pengujian data dilakukan mendapatkan hasil heterogen sehingga untuk pemilihan sampel dilakukan dengan purposive random sampling. Peneliti menggunakan 2 kelas penelitian yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan X IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbasis Augmented Reality (AR). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai independent sample T-test sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut termasuk kurang dari 0,05, dimana dapat disimpulkan bahwa apabila nilai signifikansi < 0,05 sehingga H0 ditolak (H1 diterima) maka dapat diartikan bahwa model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbasis Augmented Reality (AR) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Adapun nilai gain score kelas eksperimen sebesar 0,67 yang artinya peningkatan kemampuan berpikir spasial siswa berada pada kategori sedang. Model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbasis Augmented Reality (AR) banyak membantu siswa dalam berpikir spasial pada materi vulkanisme. Tampilan objek vulkanisme secara 3D yang dapat diakses oleh siswa secara langsung melalui handphone masing-masing menjadikan siswa lebih bersemangat dan aktif untuk mempelajari materi vulkanisme. Berdasarkan pemaparan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbasis Augmented Reality (AR) di kelas eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa, dan nilai rata-rata hasil posttest yang diberikan menunjukkan hasil kelas eksperimen dengan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) berbasis Augmented Reality (AR) lebih tinggi dari kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab. Indikator berpikir spasial yang paling menonjol adalah aura, sedangkan yang paling rendah adalah indikator transition. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Yushardi, S.Si., M.Si., M.C.E. Elan Artono Nurdin, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | RESOURCE BASED LEARNING (RBL) | en_US |
dc.subject | AUGMENTED REALITY | en_US |
dc.subject | SPASIAL | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Berbasis Augmented Reality (AR) terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Yushardi, S.Si., M.Si., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Elan Artono Nurdin, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
REPOSITORY_DIANA FATMAWATI_190210303019.pdf Until 2028-03-09 | 5.68 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools