Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124200
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAHMATIKA, Mila-
dc.date.accessioned2024-08-27T01:34:45Z-
dc.date.available2024-08-27T01:34:45Z-
dc.date.issued2024-08-23-
dc.identifier.nim190210303014en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124200-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 27 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractGeografi sangat penting dipelajari karena dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap lingkungan sekitar kita, baik secara fisik maupun manusia serta pemahaman mengenai bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan sehingga dengan mempelajari geografi dapat menjadi lebih sadar pentinnya menjaga lingkungan dan mengambil tindakan yang bertanggung jawab terhadapnya. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa proses belajar dan mengajar di lingkungan sekolah masih belum maksimal untuk perkembangan kemampuan berpikir spasial dan literasi ekologi, selain itu pada saat proses pembelajaran hanya beberapa siswa yang berpartisipasi aktif. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu model yang sesuai dalam mendorong kemampuan berpikir spasial dan literasi ekologi siswa yaitu model project based learning. Model yang sesuai dapat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. Model ini dirancang untuk merangsang kemampuan berpikir spasial dan literasi ekologi siswa melalui pembuatan proyek yang sesuai dengan materi ajar sehingga memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang hubungan antara lingkungan dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir spasial dan literasi ekologi siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian posttest only control group design yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dan mencakup dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi yang terlibat adalah seluruh kelas X dari X1 – X9. Pemilihan sample dilakukan menggunakan uji homogenitas dari nilai ulangan siswa pada materi pembalajaran sebelumnya. Data yang telah teruji homogen, maka pemilihan menggunakan undian sehingga didapatkan kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilakukan penerapan model project based learning, sementara itu kelas kontrol tidak diberikan perlakuan khusus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir spasial pada kelas eksperimen yaitu 75,00 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 60,83 dengan indikator yang menonjol yaitu transition. Nilai rata-rata literasi ekologi kelas eksperimen yaitu 78,89 sedangkan kelas kontrol yaitu 65,00 dengan indikator yang menonjol yaitu global environmental issues. Pengujian selanjutnya menggunakan uji Independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh dari model project based learning terhadap kemampuan berpikir spasial dan literasi ekologi. Hasil data menunjukkan kemampuan berpikir spasial siswa sebesar 0,02 atau nilai sig <0,05 dan literasi ekologi 0,002 atau nilai sig <0,05. Dari kedua hasil tersebut diartikan adanya pengaruh signifikan model project based learning terhadap kemampuan berpikir spasial dan literasi ekologi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model prjoect based learning terhadap kemampuan berpikir spasial dan literasi ekologi siswa SMA. Pengaruh yang signifikan tersebut dapat dilihat berdasarkan penggunaan model project based learning pada kelas eksperimen memperoleh hasil posttest yang lebih tinggi, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran koonvensional. Model ini dapat dimanfaatkan untuk mempengaruhi kemampuan berpikir spasial literasi ekologi siswa lebih baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROJEK BASED LEARNINGen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR SPASIALen_US
dc.subjectLITERASI EKOLOGIen_US
dc.titlePengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Spasial dan Literasi Ekologi Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Fahmi Arif Kurnianto, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mila Rahmatika_190210303014_Pendidikan Geografi.pdf
  Until 2029-08-27
5.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools