Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124169
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | MUSBIROH, Lutfiyah Imroatul | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-21T08:03:29Z | - |
dc.date.available | 2024-08-21T08:03:29Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-30 | - |
dc.identifier.nim | 200210402044 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124169 | - |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 21 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Menulis adalah keterampilan berbahasa yang produktif dan ekspresif, memungkinkan seseorang mengkomunikasikan ide dan informasi. Menulis bukan sekedar menyalin kata-kata, tetapi juga melibatkan ide dan pemikiran yang terstruktur dengan baik. Penggunaan ejaan yang tepat menjadi salah satu bagian dari terciptanya sebuah tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca. Ejaan adalah penulisan huruf, penggunaan tanda baca, dan penulisan kata. Ejaan diatur dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, berdasarkan regulasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2015. Sebuah tulisan dengan ejaan yang tepat akan terhindar dari ambiguitas dan kesalahpahaman sehingga pesan atau informasi dapat dipahami secara mudah dan jelas. Dalam pendidikan, ejaan merupakan indikator kemampuan literasi siswa. Ketepatan ejaan membantu menjaga standar bahasa dan memastikan komunikasi tertulis yang jelas. Pada jenjang SMP, kegiatan menulis berperan penting dalam peningkatan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini berfokus pada analisis kesalahan ejaan dalam tulisan siswa dan kesadaran mereka terhadap kesalahan tersebut. Tujuan pengumpulan dan analisis data yakni untuk memahami pola dan jenis kesalahan ejaan yang umum terjadi serta memberikan saran untuk perbaikan dalam pembelajaran menulis ejaan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Jember, memusatkan perhatian pada kesalahan ejaan dalam teks deskripsi, teks cerita fantasi, dan teks prosedur. Rancangan penelitian ini adalah rancangan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data dalam penelitian berupa kalimat-kalimat dalam teks deskripsi, teks cerita fantasi, dan teks prosedur siswa kelas VII D SMP Negeri 11 Jember yang diindikasi mengandung kesalahan ejaan, dan transkrip hasil wawancara dengan siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap kesalahan ejaan dalam menulis karangan. Sumber data penelitian ini adalah tulisan siswa kelas VII D SMP Negeri 11 Jember. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk kesalahan ejaan yang sering dilakukan oleh siswa kelas VII D SMP Negeri 11 Jember, yakni kesalahan penggunaan huruf, kesalahan penggunaan tanda baca, kesalahan penghilangan tanda baca, dan kesalahan penulisan kata. Hasil wawancara menunjukkan 16 dari 32 siswa tidak menyadari telah melakukan kesalahan ejaan dan yakin tulisan yang mereka buat sudah benar. Sebagian siswa lainnya menyadari bahwa telah melakukan kesalahan ejaan dalam tulisan mereka, namun merasa sulit untuk menghindarinya karena kebiasaan. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diajukan di antaranya: (1) bagi guru bahasa Indonesia SMP, disarankan memberikan perhatian lebih pada pengajaran aturan ejaan, sebab ejaan merupakan kaidah kebahasaan yang penting dalam menjaga standar bahasa dan membantu profesionalisme siswa dalam keterampilan menulis. Latihan menulis terstruktur dan melakukan koreksi bersama di kelas akan membantu siswa memahami kesalahan. Selain itu, memberikan umpan balik positif dan mendorong siswa untuk membaca literatur dengan ejaan yang benar dapat meningkatkan kesadaran serta motivasi untuk menulis dengan lebih baik, (2) bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi dalam mengembangkan penelitian yang sejenis, terutama yang berkaitan dengan analisis kesalahan ejaan dalam tulisan siswa. Penelitian lebih lanjut dapat memperluas cakupan analisis dengan melibatkan kelas atau sekolah lain, atau fokus pada aspek-aspek spesifik seperti pengaruh media pembelajaran terhadap pemahaman ejaan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Arju Mutiah, M.Pd. Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | ANALISIS | en_US |
dc.subject | KESALAHANJ EJAAN | en_US |
dc.subject | PENULISAN | en_US |
dc.subject | SISWA | en_US |
dc.title | Kesalahan Ejaan dalam Tulisan Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arju Mutiah, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_LUTFIYAH IM_200210402044.pdf Until 2029-08-21 | 659.32 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools