Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124118
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NOVALINDA, Dinda | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-21T02:11:21Z | - |
dc.date.available | 2024-08-21T02:11:21Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-30 | - |
dc.identifier.nim | 200210402113 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124118 | - |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 21 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif teks berita menggunakan bantuan aplikasi Genially, yang dirancang untuk mendukung pembelajaran bahasa Indonesia siswa SMP kelas VII/Fase D dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif Genially, mengetahui validitas serta respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif Genially. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan PLOMP, yang meliputi tahap Preliminary Phase, Development or Prototyping Phase, dan Assessment Phase. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, validasi, dan angket. Teknik analisis data melibatkan pendekatan deskriptif terhadap data verbal dan data numeral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memenuhi kebutuhan dan dapat diakses melalui berbagai perangkat dan platform. Validitas dari validator ahli terhadap aspek media pembelajaran interaktif menunjukkan persentase sebesar 90% dengan kualifikasi “sangat layak” dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Sementara respon siswa kelas VII A dan VII B terhadap aspek keseluruhan media pembelajaran interaktif memperoleh persentase sebesar 89% serta respon sikap siswa secara keseluruhan memperoleh persentase 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mencapai kualifikasi “sangat baik”, mampu memotivasi, membangkitkan minat, rasa ingin tahu, antusiasme, memperluas pengetahuan siswa, dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Arju Mutiah, M.Pd. Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PENELITIAN PENGEMBANGAN | en_US |
dc.subject | MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF | en_US |
dc.subject | TEKS BERITA | en_US |
dc.subject | GENIALLY | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Genially pada Materi Pemahaman Teks Berita untuk Siswa SMP Kelas VII | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arju Mutiah, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi - Dinda Novalinda 200210402113.pdf Until 2029-08-19 | 3.05 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools