Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124074
Title: Perubahan Makna dalam Teks Berita Detik.com Periode September-November 2022
Authors: RULIZA, Silvia
Keywords: PERENCANAAN
PELAPORAN
PERTANGGUNGJAWABAN
Issue Date: 26-Jul-2024
Publisher: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Abstract: Teks berita merupakan sarana komunikasi yang menyajikan informasi berupa peristiwa faktual kepada masyarakat. Tujuan utama pembuatan teks berita adalah untuk menyampaikan informasi yang mengandung suatu makna. Saat ini teks berita banyak disajikan di portal berita online, salah satunya Detik.com. Perubahan makna ditemukan pada teks berita Detik.com sebagai wujud perkembangan dan dinamika kebahasaan saat ini. Penelitian ini menangkap perubahan makna yang terjadi dalam teks berita Detik.com periode September-November 2022 berdasarkan kajian semantik dengan menggunakan teori perubahan makna Abdul Chaer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis, faktor dan fungsi perubahan makna. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan data berupa kata dan frasa yang menunjukkan perubahan makna dalam teks berita Detik.com periode September-November 2022. Hasil penelitian ini menemukan beberapa hal: (1) jenis-jenis perubahan makna, yaitu meluas (generalisasi), menyempit (spesialisasi), perubahan total, menghaluskan (ameliorasi), mengasarkan (peyorasi); (2) faktor penyebab perubahan makna, yaitu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan sosial budaya, perbedaan bidang penggunaan, asosiasi, perbedaan tanggapan, singkatan, perkembangan istilah baru; (3) fungsi pengubah makna, yaitu membentuk bahasa yang indah dan menarik, membentuk kesantunan berbahasa, turut mengembangkan bahasa Indonesia, emotif, imajinatif, membangun keakraban, membentuk bahasa yang ringkas. Kata Kunci : Perubahan Makna, Semantik, Teks Berita Detik.com
Description: Finalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 20 Agustus 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124074
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Google.pdf
  Until 2028-08-20
666.73 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools