Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124026
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURFARIDA, Nisa-
dc.date.accessioned2024-08-19T04:14:52Z-
dc.date.available2024-08-19T04:14:52Z-
dc.date.issued2024-08-09-
dc.identifier.nim200210204073en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124026-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 19 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractPerilaku kepemimpinan kepala sekolah merupakan suatu sikap atau tindakan dalam memimpin dan mengarahkan seseorang. Kepemimpinan transformasional atau fokus pada pencapaian menjadi jenis kepemimpinan yang umum dalam dunia manajemen. Berkenaan dengan kepemimpinan transformasional menjelaskan tentang perilaku merupakan bagian dari fungsinya manusia yang didalamnya juga meliputi pikiran, perasaan dan aktivitas fisik, sehingga jelas bahwa perilaku setiap orang berbeda. Perilaku kepemimpinan juga dapat mempengaruhi sebuah kualitas kinerja guru. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan di beberapa SD Negeri Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember terdapat kesimpulan bahwa kepala sekolah bersikap adil dan terbuka dalam menemukan jalan keluar masalah. Kemudian untuk guru bahwa kepala sekolah rata-rata pada saat ini cepat tanggap untuk permasalahan yang dihadapi guru sehingga berkesan bijaksana dalam memberikan keputusan. Namun juga terdapat faktor yang menjadi pengaruh negatif dalam kinerja guru berupa dukungan dari sekolah, motivasi diri untuk terus belajar, terkadang juga masih terdapat guru yang kesulitan dalam menyampaikan pembelajaran di kelas, serta hubungan baik dengan siswa dan rekan kerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember?”. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Tempat penelitian yang digunakan yaitu SD Negeri Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Responden yang digunakan adalah kepala sekolah dan guru dari 22 sekolah berjumlah 66 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian mencakup panduan observasi, panduan wawancara, lembar angket dan dokumentasi. Pengembagan instrumen angket meliputi uji validitas instrumen, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji linieritas, uji korelasional dan uji determinasi. Berdasarkan hasil uji korelasional didapatkan hasil 0,431. Hasil penghitungan 𝑟𝑥𝑦 apabila dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikansi 5%, maka hasil perhitungan rxy > rtabel (0,431 > 0,344). Berikut dari hasil 𝑟𝑥𝑦, dapat dinyatakan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Diketahui bahwa rxy lebih dari rtabel (0,431 > 0,344). Nilai rxy bernilai positif, maksudnya ada hubungan yang positif antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas kinerja guru. Dipaparkan dari hasil perhitungan korelasi dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Ha diterima yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas kinerja guru dalam pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. M. Sulthon, M.Pd. Agus Arifandi, M.Pd.I.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEPALA SEKOLAHen_US
dc.subjectGURUen_US
dc.subjectHUBUNGANen_US
dc.titleHubungan Antara Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kualitas Kinerja Guru dalam Kegiatan Pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Agus Arifandi, M.Pd.I.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc Nisa RepositoryUnej.pdf
  Until 2029-08-19
2.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools