Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123949
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMAYASIANA, nur aini-
dc.date.accessioned2024-08-15T02:10:15Z-
dc.date.available2024-08-15T02:10:15Z-
dc.date.issued2024-07-22-
dc.identifier.nim210930101002en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123949-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 15 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractCitizen power dalam inovasi pelayanan muncul sebagai pengembangan paradigma administrasi publik New Public Service (NPS) yang menekankan nilai-nilai demokrasi, partisipasi masyarakat rentan, dan pelayanan yang berfokus pada kepentingan publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember, menjawab tantangan dalam melayani public dengan menunjukkan perlunya transformasi menuju pelayanan excellent yang berbasis pada citizen power. Paradigma NPS menekankan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan kebijakan, berbeda dengan pendekatan NPM yang lebih menekankan aspek bisnis. Prinsip-prinsip NPS mencakup pelayanan kepada warga negara, partisipatif, transparan, dan mengutamakan kepentingan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis untuk memahami pengalaman individu terhadap konsep pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan analisis menggunakan metode Miles dan Huberman. Transformasi dinas dari paradigma NPM ke NPS memakan waktu lebih dari 12 tahun, dengan perubahan kebijakan, budaya organisasi, dan sikap pelayan publik. Meskipun telah ada inovasi dalam pengembangan layanan, evaluasi menyeluruh diperlukan untuk memastikan kesesuaian dengan prinsip-prinsip NPS. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang transformasi pelayanan publik di tingkat daerah dengan mengacu pada paradigma NPS. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember menunjukkan komitmen terhadap pelayanan yang lebih efektif, efisien, dan responsif. Penelitian ini mengisi celah penelitian sebelumnya dengan fokus pada inovasi pelayanan berbasis citizen power di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember, mengacu pada paradigma NPS. Dengan demikian, penelitian ini menawarkan kontribusi baru dalam pemahaman transformasi pelayanan publik di tingkat lokal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIKen_US
dc.subjectPARADIGMA PELAYANANen_US
dc.subjectINOVASIen_US
dc.subjectPARTISIPASIen_US
dc.subjectCITIZEN POWERen_US
dc.titleModel Citizen Power dalam Inovasi Pelayanan Publiken_US
dc.typeDisertasien_US
dc.identifier.prodiADMNISTRASIen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Drs. Hadi Prayitno, M.Kesen_US
dc.identifier.pembimbing2Dr.Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Sien_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:MT-Science of Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR.pdf
  Until 2029-08-15
2.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.