Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123939
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPRATIWI, Luvki Dwi Indra-
dc.date.accessioned2024-08-15T01:51:15Z-
dc.date.available2024-08-15T01:51:15Z-
dc.date.issued2024-08-13-
dc.identifier.nim180210101126en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123939-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 15 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractPengelolaan kelas merupakan hal yang perlu dilakukan. Pengelolaan kelas yang baik dapat membantu siswa untuk berkembang secara optimal. Salah satu jenis pengelolaan kelas yaitu pengelolaan kelas berdasarkan jenis kelamin atau disebut dengan pengelolaan kelas homogen dan kelas heterogen. Pada matematika kemampuan penalaran adalah salah satu kemampuan yang perlu dimiliki siswa, dengan penalaran siswa akan terbantu dalam menyelesaikan masalah. Penalaran merupakan kemampuan seseorang untuk mengambil kesimpulan berdasarkan fakta yang telah ditemukan. Terdapat soal yang memiliki banyak cara atau banyak jawaban yaitu open-ended. Soal open-ended merupakan soal yang berisikan permasalahan. Soal open-ended siswa akan melibatkan kemampuan penalaran untuk menyelesaikannya. SPLDV adalah salah satu materi yang diajarkan pada kelas VIII, seringkali SPLDV dikaitkan dengan permasalahan sehari-hari. Materi SPLDV cocok dengan soal open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi SPLDV ditinjau berdasarkan pengelolaan kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIID SMP Al Irsyad Al Islamiyyah, kelas VIIIB SMP Al Irsyad Al Islamiyyah, dan kelas VIIIH SMP Negeri 2 Rogojampi. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas instrumen utama adalah peneliti dan instrumen bantu penelitian adalah lembar tes kemampuan penalaran dengan soal open-ended materi SPLDV dan pedoman wawancara. Instrumen tes dan pedoman wawancara divalidasi oleh dua validator, yakni dua Dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Jumlah subjek sebanyak empat, diantaranya satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki dari SMP Al Irsyad Al Islamiyyah dengan pengelolaan kelas homogen serta satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki dari SMP Negeri 2 Rogojampi dengan pengelolaan kelas heterogen yang dipilih berdasarkan kemampuan penalaran tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes, kemudian kegiatan wawancara digunakan untuk menggali data lebih mendalam. Selanjutnya, mengananalisis kemampuan penalaran siswa berdasarkan hasil tes dan wawancara. Tahap terakhir yaitu menyimpulkan hasil analsis. Pengecekan keabsahan data terhadap hasil penelitian dilakukan dengan peningkatan ketekunan, seperti memeriksa kembali hasil tes tulis, membandingkan data pada kutipan wawancara dengan hasil reduksi data. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan siswa perempuan di kelas homogen dan kelas heterogen dapat menyajikan pernyataan, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi, menyusun bukti, dan menarik kesimpulan. Siswa laki-laki di kelas homogen tidak menarik kesimpulan dan siswa laki-laki heterogen tidak dapat menyajikan pernyataan matematika secara tulis, lisan, gambar dan diagram. Siswa perempuan di kelas homogen memiliki skor yang baik dibandingkan siswa perempuan dan siswa laki-laki pada kelas heterogen, sedangkan siswa laki-laki kelas homogen memiliki skor yang lebih rendah dibandingkan siswa yang lainnya. Adapaun skor siswa perempuan heterogen lebih baik dibandingkan dengan skor siswa laki-laki kelas heterogen.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEMAMPUAN PENALARAN SISWAen_US
dc.subjectSOAL OPEN-ENDEDen_US
dc.titleKemampuan Penalaran Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Berdasarkan Pengelolaan Kelasen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2029-08-13
5.43 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools