Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123933
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorJANNAH, Azizah Nur-
dc.date.accessioned2024-08-15T01:39:51Z-
dc.date.available2024-08-15T01:39:51Z-
dc.date.issued2023-03-22-
dc.identifier.nim190210102039en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123933-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 15 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractModel PBL siswa tidak hanya sekadar mendengarkan, mencatat, dan menghafal materi yang disampaikan oleh guru tetapi siswa juga berpikir, mencari, mengolah data, dan mengomunikasikan dalam proses pembelajaran. Model PBL ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. model PBL ini di terapkan pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan siswa sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Penggunaan metode, media dan model pembelajaran yang tepat, dapat menjadikan siswa mencapai prestasi belajar yang tinggi. Berdasarkan permasalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan persoalan mata pelajaran fisika maka diperlukan solusi alternatif untuk menyelesaikan persoalan pada materi tumbukan sentral dengan cara yang mudah dan hasil yang akurat yaitu menggunakan cara teknik tabulasi. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar siswa dan menganalisis respon siswa dalam penggunakan model PBL yang disertai LKPD berbasis teknik tabulasi untuk penyelesaian soal tumbukan sentral. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan analisis kuantitatif, untuk menunjukkan sebuah teknik tabulasi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan pada materi tumbukan sentral. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Ambulu, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember tahun ajaran 2022/2023. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan cara uji homogenitas untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa kelas XI IPA di SMAN Ambulu. Pengumpulan data dari penelitian ini berupa tes pretest, tes posttest, dan angket respon dan juga terdapat data pendukung berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data pada hasil belajar siswa untuk melihat hasil belajar meningkat atau menurun dengan menggunakan uji N-Gain dan untuk melihat respon siswa tersebut menduduki kriteria yang seperti apa dengan cara perhitungan penskoran angket respon. Hasil belajar siswa yang diperoleh menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil pretest memperoleh nilai rata-rata sebesar 42,6 dan sedangkan hasil posttest sebesar 87,5. Adanya selisih dari hasil belajar tersebut mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0.768 yang menunjukkan bahwa 76,8% peningkatan hasil belajar siswa dalam penyelesaian soal tumbukan sentral menduduki kriteria tinggi. Hasil penenlitian selanjutnya yaitu respon siswa terhadap penggunaan teknik tabulasi yang telah diajarkan dan diterapkan pada saat menyelesaikan persoalan yang terdapat pada soal tumbukan sentral dua partikel. Respon yang dihasilkan yaitu cukup tinggi seperti pada indikator pertama belajar menggunakan LKPD memiliki hasil sebesar 88,25% dan indikator tanggap dalam pembelajaran memiliki hasil 90,27% dan pada indikator motivasi memiliki hasil sebesar 84,63% dari hasil yang diperoleh pada setiap indikator diperoleh juga hasil rata-rata keseluruhan sebesar 87,72% dan menduduki kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperolah dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerepkan teknik tabulasi dalam menyelesaikan persoalan pada materi tumbukan sentral dua partikel. Hasil yang diperolah dari hasil belajar siswa dengan menggunakan uji N-Gain yaitu sebesar 0,768 dan menduduki kriteria tinggi. Sedangkan nilai rata-rata respon siswa pada semua indikator mengenai penggunaan teknik tabulasi untuk menyelesaikan persoalan pada materi tumbukan sentral yaitu menduduki nilai sebesar 87,72% dengan kriteria sangat baik. Penggunaan teknik tabulasi ini diharapkan dapat bermanfaat dan dijadikan sebuah referensi untuk semua pendidik dan peserta didik agar mempermudah dalam menyelesaikan persoalan pada materi tumbukan sentralen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PBLen_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectTEKNIK TABULASIen_US
dc.titleEfektivitas Model PBL Disertai dengan LKPD Berbasis Teknik Tabulasi untuk Penyelesaian Soal Tumbukan Sentral pada Kelas XI MIPAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Handono Budi Prastowo, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Bambang Supriadi, M.Pden_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tugas Akhir Azizah Nur Jannah.pdf
  Until 2028-03-22
3.44 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
Tugas Akhir Azizah Nur Jannah.pdf3.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools