Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123929
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorGUNAWAN, Widi-
dc.date.accessioned2024-08-15T01:31:37Z-
dc.date.available2024-08-15T01:31:37Z-
dc.date.issued2024-05-20-
dc.identifier.nim170710101127en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123929-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 15 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractBengkel mobil adalah salah satu usaha yang bergerak dibidang jasa yang dapat membantu masyarakat ketika memerlukan jasa perawatan mobil atau kendaraan dalam berbagai keperluan. Dalam proses melayani pelanggan yang datang untuk memperbaiki atau mengambil mobilnya mengalami berbagai masalah dalam melakukan transaksi. Transaksi tersebut terkadang tidak berjalan sesuai rencana sehingga menyebabkan berbagai keluhan dari pelanggan. Pelaku usaha tidak hanya semata-mata mencari keuntungan sebesar-besarnya tetapi juga harus memperhatikan kepentingan konsumen. Kesepakatan antara bengkel dengan pemilik mobil (konsumen) seringkali tidak terperinci atau ambigu dalam menentukan tanggung jawab dan batasan penggunaan mobil selama dalam perawatan. Hal ini bisa menyebabkan ketidak jelasan dalam penggunaan mobil oleh pihak bengkel. bisa muncul kesempatan bagi karyawan bengkel untuk menggunakan mobil konsumen untuk keperluan pribadi atau yang tidak terkait dengan pekerjaan mereka. Karyawan bengkel sering kali menghadapi situasi di mana mereka perlu menggunakan mobil konsumen untuk memenuhi tuntutan pekerjaan, seperti untuk melakukan pengujian jalan atau pengambilan suku cadang. Namun, tanpa izin atau tanpa pengawasan yang tepat, penggunaan ini bisa melampaui batas dan menjadi dasar wanprestasi. Berdasarkan analisa dan pembahasan permasalahan yang dilakukan didalam skripsi ini, maka dapat diperoleh kesimpulan yaitu, Pertama Wanprestasi dalam pelaksanaan perjanjian terjadi ketika salah satu pihak gagal memenuhi kewajiban yang telah disepakati. Hal ini dapat berupa pelaksanaan yang tidak tepat waktu, tidak sesuai ketentuan, atau tidak dilaksanakan sama sekali. Menurut Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata, perjanjian yang sah memiliki kekuatan hukum yang mengikat para pihak, dan wanprestasi menimbulkan hak bagi pihak yang dirugikan untuk menuntut ganti rugi atau pembatalan perjanjian. Unsur-unsur wanprestasi meliputi adanya perjanjian yang sah, kesalahan, kerugian, dan sanksi yang dapat berupa ganti rugi. Perlindungan bagi pihak yang dirugikan mencakup hak untuk menolak melanjutkan prestasi, menuntut restitusi, dan meminta ganti rugi melalui mekanisme hukum yang ditentukan. Kedua Wanprestasi memiliki berbagai akibat hukum bagi debitur. Pertama, debitur wajib membayar ganti rugi jika tidak memenuhi kewajiban setelah diberikan peringatan oleh kreditur, sesuai Pasal 1243 KUH Perdata. Pernyataan lalai dapat dilakukan melalui surat perintah atau ketentuan dalam perjanjian yang menyatakan demikian (Pasal 1236 BW). Dalam situasi tertentu, peringatan tidak diperlukan jika debitur tidak menunjukkan itikad baik. Wanprestasi juga menyebabkan peralihan risiko kepada debitur (Pasal 1460 KUH Perdata) dan pembatalan perjanjian yang harus dimintakan melalui hakim (Pasal 1267 KUH Perdata). Selain itu, pihak yang kalah dalam perkara wanprestasi harus membayar biaya perkara (Pasal 181 ayat 1 HIR). Ketiga Tanggung jawab hukum dalam hukum perdata dapat muncul dari perjanjian, undang-undang, atau wanprestasi. Wanprestasi bisa berupa tidak memberikan prestasi sama sekali, terlambat memberikan prestasi, atau melaksanakan prestasi namun tidak sesuai dengan ketentuan perjanjian. Tanggung jawab debitur atas hutangnya diatur dalam Pasal 1131 KUH Perdata, yang mengikat seluruh kekayaan debitur sebagai jaminan atas kewajibannya. Saran dari Penelitian skripsi ini adalah pertama Penting untuk memahami implikasi hukum dari wanprestasi dalam perjanjian. Saya sarankan untuk selalu mematuhi kewajiban yang telah disepakati dengan teliti dan tepat waktu. Jaga komunikasi yang baik dengan pihak lain dalam perjanjian dan segera ambil tindakan jika ada kendala yang menghambat pelaksanaan. Jika Anda merasa menjadi pihak yang dirugikan akibat wanprestasi, konsultasikan dengan ahli hukum untuk memahami hak-hak Anda dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kedua Penting bagi debitur untuk memahami konsekuensi hukum dari wanprestasi. Saya merekomendasikan untuk selalu mematuhi kewajiban sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Jaga komunikasi yang baik dengan kreditur dan pastikan untuk bertindak tepat waktu. Selain itu, jika terjadi situasi yang mengarah pada wanprestasi, segera konsultasikan dengan ahli hukum untuk memahami hak dan kewajiban Anda serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengelola risiko dan menghindari akibat hukum yang merugikan. Ketiga Penting untuk memahami sumber dan implikasi tanggung jawab hukum dalam konteks hukum perdata. Jika Anda terlibat dalam perjanjian atau memiliki kewajiban hukum, pastikan untuk memahami dengan cermat apa yang diharapkan dari Anda dan bagaimana Anda dapat memenuhinya tepat waktu. Jika terjadi wanprestasi, segera ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki situasi atau menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak terkait. Selain itu, pastikan untuk memahami hak-hak dan kewajiban Anda sesuai dengan hukum yang berlaku. Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, konsultasikan dengan ahli hukum untuk mendapatkan nasihat yang tepat sesuai dengan situasi Anda.en_US
dc.description.sponsorshipEdi Wahjuni, S.H., M.Hum. Nuzulia Kumala Sari, S.H., M.H., CLA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Hukumen_US
dc.subjectPERLINDUNGAN HUKUMen_US
dc.subjectWANPRESTASIen_US
dc.subjectKONSUMENen_US
dc.subjectBENGKEL MOBILen_US
dc.subjectTANGGUNG JAWAB HUKUMen_US
dc.titlePerlindungan Hukum Atas Terjadinya Wanprestasi Akibat Penggunaan Mobil Pribadi Milik Konsumen Oleh Pihak Bengkelen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Hukumen_US
dc.identifier.pembimbing1Edi Wahjuni, S.H., M.Hum.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Nuzulia Kumala Sari, S.H., M.H., CLAen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Doc_Widi Gunawan_170710101127_Digital Repository Universitas Jember.pdf
  Until 2029-06-11
2.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools