Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123905
Title: Kajian Semiotika Roland Barthes pada Novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di Kelas XII SMA
Authors: FATONI, Muhammad Mufti
Keywords: SEMIOTIKA ROLAND BARTHES
KODE PROAIRETIK
KODE BUDAYA
Issue Date: 2-Jul-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Makna dan estetika sebuah karya sastra dapat ditemukan pada penggunaan bahasa sebagai sistem tanda atau lambang yang digunakan oleh pengarangnya. Tandatanda yang perlu ditafsirkan dalam karya sastra berkaitan dengan semiotika. Salah satu novel yang perlu dikaji terkait penggunaan sistem tanda adalah novel berjudul Selamat Tinggal karya Tere Liye. Penelitian ini memilih model semiotik Roland Barthes untuk mengeksplorasi kemungkinan makna yang dapat ditemukan dalam novel Selamat Tinggal. Penelitian ini berfokus pada analisis kode proairetik, kode simbolik, dan kode budaya. Alasan pemilihan ketiga kode tersebut didasarkan pada relevansinya dengan konteks dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan makna yang terkandung dalam sistem tanda yang diwujudkan melalui kode proairetik, kode simbolik, dan kode budaya dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye serta pemanfaatan hasil penelitian sebagai alternatif bahan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas (SMA). Rancangan penelitian yang digunakan adalah kajian sastra dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kode proairetik, kode simbolik, dan kode budaya yang telah dianalisis memiliki keterkaitan sebagai upaya membentuk sebuah karya yang utuh dan terpadu. Kode-kode tersebut memunculkan pesan atau sistem nilai yang diungkapkan oleh penulis. Hasil analisis terkait kajian semiotika dalam novel Selamat Tinggal sebagai alternatif pembelajaran sastra di sekolah menengah atas dapat disajikan untuk meningkatkan daya kritis peserta didik dalam mengungkapkan gagasan pengarang.
Description: Finalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 14 Agustus 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123905
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD MUFTI FATONI_190210402122.pdf
  Until 2029-08-14
1.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools