Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123875
Title: Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Kedungringin II Pasuruan
Authors: AMALIA, Irma
Keywords: Problem Based Learning
Mind Mapping
Aktivitas Belajar Siswa
Issue Date: 15-Jan-2024
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Siswa dituntut untuk menemukan solusi dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Mind mapping berisi semua elemen masalah dengan tampilan visual dengan gambar dan warna yang bervariasi, sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group posttest-only design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa IV SDN Kedungringin II Pasuruan, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA berjumlah 23 siswa dan kelas IVB berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis uji t-test yang telah dilakukan memperoleh hasil nilai thitung (18,407) > ttabel (1,656) yang berarti HO ditolak dan H𝑎 diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL berbantuan Mind Mapping terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN Kedungringin II Pasuruan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123875
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY IRMA AMALIA.pdf
  Until 2029-01-15
1.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools