Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123856
Title: | Pengaruh Model Project-Based Learning Berbasis STEM pada Topik Pencemaran lingkungan terhadap Creative and Critical Thinking Siswa SMA |
Authors: | KHOTIMAH, Ima Husnul |
Keywords: | Pencemaran Lingkungan PJBL-STEM Creative Thinking Critical Thinking |
Issue Date: | 7-Sep-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project-Based Learning (PjBL) berbasis STEM pada topik pencemaran lingkungan terhadap creative and critical thinking siswa SMA. Permasalahan sampah masker di Indonesia sepanjang pandemi COVID-19 jumlahnya meningkat 30% hingga 50%. Sampah masker seringkali ditemukan di TPS dengan volume yang terus bertambah. Penerapan model PjBL berbasis STEM dapat memunculkan creative dan critical thinking yang baik. Memadukan model PjBL dengan pendekatan STEM adalah cara efektif untuk menangani masalah sampah masker. Jenis penelitian ini quasi eksperiment menggunakan dua kelas uji dengan pretest-posttest control group design. Tahapan penelitian dimulai merumuskan masalah hingga menarik kesimpulan. Hasil uji hipotesis penelitian dilakukan uji t-test berdasarkan nilai sig. (2-talied) 0,000 dengan nilai t creative thinking (6,530) dan nilai t critical thinking (8,197). Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan model PjBL-STEM dapat diterapkan dalam pembelajaran Biologi agar siswa terlatih keterampilan creative and critical thinking. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123856 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ima Husnul Khotimah_170210103037_Repository Unej.pdf Until 2029-01-15 | 835.86 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools