Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123824
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDZAKY, Ammar-
dc.date.accessioned2024-08-14T01:48:29Z-
dc.date.available2024-08-14T01:48:29Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.nim180210101135en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123824-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 14 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractMatematika merupakan ilmu tentang bilangan, hubungan antar bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Dalam menyelesaikan permasalahan matematika, siswa harus dapat memahami konsep dan mampu mengkomunikasikan strategi penyelesaian dalam bentuk tulisan (Aryanto et al., 2018). Proses belajar mengajar matematika tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan tetapi dapat membentuk sikap positif pada siswa. Kemampuan komunikasi merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengekspresikan ide-ide tentang persoalan-persoalan yang ada. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pentingnya dalam proses berpikir, menghubungkan gagasan dengan ide lain yang berguna untuk melengkapi kekurangan yang ada dikeseluruhan ide-ide siswa (Prastiwi et al., 2019). Dirumuskan bahwa masalah yang akan diteliti yaitu bagaimana kemampuan komunikasi matematis dari siswa SMP dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dari siswa SMP dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Berdasarkan pertimbangan belum diketahuinya kemampuan komunikasi matematis siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Banyuputih dalam menyelesaikan soal SPLDV, maka dipilihlah SMP Negeri 1 Banyuputih yang berada di Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo sebagai tempat penelitian. Waktu pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 18-19 Agustus 2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini akan ditentukan mengenai kemampuan komunikasi matematis berdasarkan karakteristik komunikasi matematis siswa SMPN 1 Banyuputih kelas IX-B sebanyak 5 siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Hasil penelitian dan pembahasan mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel adalah sebagai berikut: a. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat tinggi yaitu memiliki empat ciri-ciri karakteristik komunikasi matematis yaitu ketepatan, kelengkapan, kelancaran, dan sistematis. b. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat menengah yaitu memiliki tiga ciri-ciri karakteristik komunikasi matematis yaitu ketepatan, kelancaran, dan sistematis. c. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat rendah hanya memenuhi satu karakteristik komunikasi matematis yaitu ketepatan.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd Pembimbing Anggota Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATISen_US
dc.subjectSISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)en_US
dc.subjectMENYELESAIKAN SOALen_US
dc.titleKemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 14 Agustus 2024en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AmmarUP.pdf
  Until 2029-07-18
1.67 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools