Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123769
Title: Analisis Kesesuaian Lokasi, Fasilitas, dan Pelayanan Terminal Tipe B Bondowoso Kabupaten Bondowoso
Authors: KAMILA, Hervina Putri
Keywords: ANALISIS KESESUAIAN LOKASI
FASILITAS
PELAYANAN TERMINAL
TIPE B BONDOWOSO
Issue Date: 1-Nov-2023
Publisher: Fakultas Teknik
Abstract: Terminal Bondowoso merupakan terminal induk dan terbesar di Kabupaten Bondowoso. Terminal Bondowoso menjadi satu-satunya terminal penumpang yang beroperasi di Kabupaten Bondowoso dengan tipe B. Terminal Bondowoso berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso. Pada Perda No. 19 Tahun 2017 Tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bondowoso Tahun 2017-2037, menjelaskan bahwa terdapat rencana pengoptimalan terminal penumpang tipe B Bondowoso. Permasalahan pada Terminal Bondowoso adalah belum beroperasinya terminal secara optimal dan kurang memperhatikan kualitas dari pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesesuaian lokasi, fasilitas, dan pelayanan Terminal Bondowoso dengan stadar terminal tipe B, mengidentifikasi tingkat kepuasan pengguna terminal terhadap pelayanan Terminal Bondowoso, dan merumuskan arahan pengembangan Terminal Bondowoso. Metode analisis yang digunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, analisis kepuasan masyarakat, dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, Hasil analisis lokasi, fasilitas, dan pelayanan Terminal Bondowoso memperoleh tingkat kesesuaian masing masing yaitu 79,17%, 65,08%, dan 63,25%. Sedangkan tingkat ketidaksesuaian lokasi, fasilitas, dan pelayanan Terminal Bondowoso masing-masing yaitu 20,83%, 34,92%, 36,75%. Rata-rata tingkat kesesuaian keseluruhan Terminal Bondowoso yaitu 69,17%, dan rata-rata tingkat ketidaksesuaian keseluruhan Terminal Bondowoso 30,83%. Untuk memenuhi standar terminal tipe B, maka perlu adanya perluasan lahan, pengembangan fasilitas dan pelayanan Terminal Bondowoso. Hasil indeks kepuasan pengguna terminal terhadap pelayanan Terminal Bondowoso memperoleh nilai 64,03. Hasil ini menunjukkan mutu pelayanan Terminal Bondowoso termasuk kategori D (Tidak Baik). Arahan pengembangan Terminal Bondowoso diantaranya perluasan lahan, penambahan jarak antara jalan utama dengan jalan masuk/ keluar terminal, penyediaan RTH dan penambahan serta perawatan drainase, penyediaan informasi fasilitas pemeriksaan dan perbaikan ringan kendaraan, penambahan fasilitas pengisian baterai, penambahan unit toilet dan fasilitas pendukung, pemisahan toilet pria dan wanita, dan penambahan toilet disabilitas, penyediaan ruang menyusui, dan penyediaan petugas keamanan
Description: Finalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 13 Agustus 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123769
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repo TA Vina.pdf
  Until 2029-01-06
3.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools