Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123670
Title: Perbandingan Kualitas Pelayanan Perekaman KTP-EL pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan Layanan J-Monalisa di Kabupaten Jember
Authors: CAHYANI, Arinda Septy Arum
Keywords: KUALITAS PELAYANAN
PEREKAMAN KTP-EL
KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
LAYANAN J-MONALISA
Issue Date: 15-Aug-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil Kabupaten Jember merupakan dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten Jember yang memiliki tugas pokok dan fungsi menyediakan pelayanan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat Kabupaten Jember. Namun, pada tahun 2019 Dispendukcapil Kabupaten Jember sempat diberi rapor kuning oleh Ombudsman Republik Indonesia yang menunjukkan pada tahun tersebut ataupun sebelumnya terdapat banyak permasalahan terakait pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Selanjutnya pada-pada tahun berikutnya Dispendukcapi Kabupaten Jember mulai melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya termasuk inovasi layanan online, dan jemput bola. Salah satu inovasi terbaru Dispendukcapil Kabupayen Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil Kabupaten Jember merupakan dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten Jember yang memiliki tugas pokok dan fungsi menyediakan pelayanan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat Kabupaten Jember. Namun, pada tahun 2019 Dispendukcapil Kabupaten Jember sempat diberi rapor kuning oleh Ombudsman Republik Indonesia yang menunjukkan pada tahun tersebut ataupun sebelumnya terdapat banyak permasalahan terakait pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Selanjutnya pada-pada tahun berikutnya Dispendukcapi Kabupaten Jember mulai melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya termasuk inovasi layanan online, dan jemput bola. Salah satu inovasi terbaru Dispendukcapil Kabupayen Jember yang diluncurkan pada awal tahun 2022 ialah layanan JMonalisa, merupakan akronim dari Jember Mobil Layanan Keliling Sadar Adminduk. Layanan J-Monalisa merupakan inovasi layanan mobil keliling yang di desain mirip dengan layanan konvensional yang ada di kantor termasuk dalam hal sarana penunjang layanan juga pegawai yang bertugas melayani juga merupakan pegawai Dispendukcapil Kabupaten Jember. Namun, tentunya terdapat perbedaan pada kedua jenis layanan tersebut yakni pada mekanisme, waktu pelayanan, situasi dan lingkungan pelayanan. Selain itu, terdapat penerimaan yang berbeda dari masyarakat pengguna layanan yang mengeluhkan kualitas pelayanan pada Kantor Dispendukcapil Kabupaten Jember yang dibuktikan dengan komentar-komentar di berbagai media sosial. Berdasarkan komentar yang dituliskan pengguna layanan terdapat indikasi bahwa layanan J-Monalisa lebih baik dibandingkan layanan Kantor Dispendukcapil Kabupaten Jember. Oleh karena itu, peneliti memiliki ketertarikan untuk meneliti dan mengkaji fenomena tersebut dengan tujuan mengetahui seberapa besar perbedaan yang terjadi terkait kualitas pelayanan perekaman KTP-el pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan layanan J-Monalisa di Kabupaten Jember. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif, untuk pengukuran pada penelitian ini menggunakan metode Sevice Performance (SERVPERF) yang mengukur kualitas pelayanan berdasarkan kinerja pelayanan yang diterima atau dirasakan masyarakat sebagai pengguna layanan. Populasi pada penelitian ini ialah populasi infinit dengan masing -masing 50 sampel untuk setiap jenis layanan sehingga total 100 sampel dan menggunakan teknik insidental sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka. Sebelum dilakukan penelitian dengan menyebar kuesioner, dilakukan uji instrumen penelitian (kuesioner) menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan hasil penelitian dilakukan analisis menggunakan teknik analisis uji statistik non parametri Mann Whitney yang sebelumnya data telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil uji statistik non parametrik Mann Whitney pada kualitas pelayanan perekaman KTP-el antara Kantor Dispendukcapil dan layanan J-Monalisa menghasilkan Mean Rank sebesar 48.2 untuk layanan Kantor Dispendukcapil Kabupaten Jember dan 52.28 untuk layanan J-Monalisa dan dipeoleh taraf signifikansi 0.538 yaitu diatas 0.05 dan nilai statistik Zhitung adalah -0.616 yang dibawah -1.96 sehingga diambil keputusan H0 diterima Ha ditolak yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan kualitas pela pelayanan Perekaman KTP-el antara Kantor Dispendukcapil dan layanan J-Monalisa Untuk hasil analisis data pada setiap dimensi kualitas pelayanan (dimension by dimension) uji hipotesis Mann Whitney menunjukkan seluruh nilai signifikansi per dimensi lebih dari taraf signifikansi 0.05 dan nilai Z kurang dari Ztabel -1.96 yang menunjukkan untuk setiap dimensi kualitas pelayanan tidak terdapat perbedaan yang signifikan kualitas pelayanan Perekaman KTP-el antara Kantor Dispendukcapil Kabupaten Jember dan layanan J-Monalisa, mengingat layanan JMonalisa merupakan inovasi dari Dispendukcapil Kabupaten Jember berupa mobil layanan adminduk keliling yang dirancang dengan sarana prasarana yang mirip dengan layanan konvensional Kantor Dispendukcapil Kabupaten Jember. Maka dari itu, kualitas pelayanannya dapat dikatakan sepadan atau sama baiknya.
Description: Finalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 13 Agustus 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123670
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi-Arinda Septy Arum Cahyani - AN 2019.pdf
  Until 2028-10-12
2.49 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools