Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123516
Title: Strategi peningkatan jaringan pemasaran kopi robusta berdasarkan kluster kelerengan di Kabupaten Jember
Authors: MAULIDA, Rizka
Keywords: Pemasaran
Kopi Robusta
Agribisnis
Komoditas Kopi
Issue Date: 31-Jul-2023
Publisher: Fakultas Pertanian
Abstract: Kabupaten Jember dikenal memiliki potensi perkebunan yang beragam, salah satunya yaitu komoditas kopi. Kabupaten Jember berdasarkan kluster kelerengan memiliki areal produksi kopi yang tersebar di dua wilayah yaitu di wilayah Lereng Raung dan Lereng Argopuro. Jenis kopi yang banyak dihasilkan di wilayah Lereng Raung dan Lereng Argopuro yaitu jenis kopi robusta, hal tersebut didukung oleh sumber daya alam, dan lahan perkebunan kopi yang luas. Lokasi perkebunan kopi di Kabupaten Jember yang terletak di pegunungan menyebabkan jaringan pemasaran terbatas, hal tersebut menjadi permasalahan yang dihadapi oleh petani kopi robusta. Jaringan pemasaran kopi robusta yang terbatas dapat menyebabkan harga yang diterima petani rendah, hal tersebut disebabkan oleh informasi pasar yang didapatkan petani terbatas dan kurang memadai sehingga petani memiliki posisi tawar yang rendah. Permasalahan tersebut yang melandasi penelitian ini dilakukan. Penentuan daerah penelitian dilakukan menggunakan metode purposive method di Kecamatan Silo dan Panti. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, snowball sampling dan judgment sampling. Metode penelitian yang pertama menggunakan metode analisis deskriptif untuk menjelaskan saluran dan fungsi pemasaran serta peran lembaga yang terlibat dalam pemasaran kopi robusta, sedangkan untuk mengetahui nilai margin pemasaran dan farmer’s share untuk rumusan masalah kedua menggunakan metode analisis margin pemasaran, dan analisis farmer’s share. Metode penelitian ketiga untuk mengetahui strategi peningkatan jaringan pemasaran kopi robusta di Kecamatan Silo dan Panti menggunakan metode analisis AHP-SWOT. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat 2 saluran pemasaran pada pemasaran kopi robusta kluster timur (Lereng Raung) di Kecamatan Silo dan 1 saluran pemasaran kopi robusta kluster barat (Lereng Argopuro) di Kecamatan Panti. Fungsi pemasaran yang diterapkan oleh tengkulak, pengepul dan koperasi ketakasi yaitu fungsi pertukaran, distribusi fisik dan penyediaan sarana. Peran lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran kopi robusta kluster timur (Lereng Raung) di Kecamatan Silo dan kluster barat (Lereng Argopuro) di Kecamatan Panti diantaranya yaitu membantu dalam proses pemasaran produk atau pemasar, sumber informasi harga, penyediaan sarana produksi, memberi pinjaman modal, dan Memfasilitasi petani untuk belajar lebih mendalam tentang pertanian kopi. 2) Saluran pemasaran 1 kluster timur (Lereng Raung) di Kecamatan Silo memiliki nilai margin pemasaran sebesar Rp. 1000/kg, dengan nilai farmer’s share sebesar 96,77%, nilai share keuntungan sebesar 67,5% dan nilai share biaya sebesar 32,5%. Nilai margin pemasaran pada saluran pemasaran 2 kluster timur (Lereng Raung) di Kecamatan Silo sebesar Rp.500/kg, nilai share keuntungan sebesar 44% dan nilai share biaya sebesar 56%. Saluran pemasaran 1 kluster barat (Lereng Argopuro) di Kecamatan Panti memiliki nilai margin pemasaran sebesar Rp.750/kg dengan nilai farmer’s share sebesar 97,39%, nilai share keuntungan sebesar 60% dan nilai share biaya sebesar 40%. 3) Prioritas strategi dalam meningkatkan jaringan pemasaran kopi robusta kluster timur (Lereng Raung) di Kecamatan Silo yaitu meningkatkan produksi dan mempertahankan kualitas serta kekhasan kopi robusta sedangkan kluster barat (Lereng Argopuro) di Kecamatan Panti yaitu meningkatkan wawasan dan informasi pasar bagi petani.
Description: validasi_repo_firli_Maret_2024_6
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123516
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rizka Maulidia.pdf
  Until 2028-07-09
1.55 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools