Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123456
Title: | Pengembangan E-Suplemen Pembelajaran Geografi Berbasis Kontekstual pada Sub Materi Keragaman Flora dan Fauna Indonesia Siswa SMA |
Authors: | MUKHTAR, Arsyta Zhafira |
Keywords: | E-suplemen 4D Kontekstual Flora dan Fauna |
Issue Date: | 24-Jan-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Kegiatan pembelajaran di dalam kelas masih terpaku menggunakan buku pegangan sehingga variasi bahan ajar pembelajaran masih kurang dan menyebabkan suasana pembelajaran yang monoton dan tidak menumbuhkan minat siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-suplemen pembelajaran geografi berbasis kontekstual dan mengetahui tingkat kelayakan dari penggunaan e-suplemen ini dalam pembelajaran. Metode yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 4 SMAN Ambulu yang berjumlah 36 siswa. Hasil validasi dari 3 validator yakni ahli materi sebesar 97,23%, ahli media sebesar 100%, dan ahli praktisi sebesar 98,96% yang diinterpretasikan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Untuk hasil uji coba kelompok kecil didapat tingkat pencapaian sebesar 92,14% dan uji coba kelompok besar sebesar 95,57% yang dikategorikan sangat setuju. Berdasarkan penilaian oleh validator dan uji respon siswa didapatkan produk akhir yang telah valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran dan membantu siswa dalam memahami keragaman flora dan fauna Indonesia secara kontekstual. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123456 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Arsyta Zhafira Mukhtar_200210303004.pdf Until 2029-01-25 | 3.99 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools