Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123447
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBADRIAH, Lailatul-
dc.date.accessioned2024-08-12T03:13:28Z-
dc.date.available2024-08-12T03:13:28Z-
dc.date.issued2023-12-18-
dc.identifier.nim180210302010en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123447-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model The Learning Cell berbasis video terhadap Student Engagement dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata pelajaran sejarah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang mempunyai variabel bebas berupa model The Learning Cell Berbasis Video dan variabel terikat berupa Student Engagement dan Hasil Belajar Pesrta Didik pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental berupa pretest dan posttest, nonequivalent. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa kelas XI IPS 5 dan XI IPS 4 di MAN I Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi One-Way Anova dan uji lanjut LSD, Pengujian (Least Significant Different) dengan bantuan software SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model The Learning Cell berbasis video mampu meningkatkan student engagement dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari uji LSD yang menunjukkan nilai rata-rata (I-J) sebesar -6.30000 pada kelas kontrol dan nilai rata-rata (I-J) sebesar -4.06667 pada kelas eksperimen, dengan kedua kelas mempunyai nilai signifikansi <0,05. Uji LSD hasil belajar menunjukkan selisih rata-rata (I-J) sebesar -2,6667 pada kelas kontrol dan rata-rata (I-J) sebesar -6,03333 pada kelas eksperimen, dengan kedua kelas mempunyai nilai signifikansi <0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap student engagement dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model The Learning Cell.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectThe Learning cellen_US
dc.subjectVideoen_US
dc.subjectStudent Engagementen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model the Learning Cell Berbasis Video terhadap Student Engagement dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarahen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sumardi, M.Humen_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Marjono, M.Humen_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LAILATUL BADRIAH_180210302010_SKRIPSI_REPOSITORY_UNEJ.pdf
  Until 2029-01-25
2.44 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools