Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123441
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFITRIYAH, Laely-
dc.date.accessioned2024-08-12T03:07:23Z-
dc.date.available2024-08-12T03:07:23Z-
dc.date.issued2024-01-12-
dc.identifier.nim192410101139en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123441-
dc.description.abstractPemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam mewujudkan Intruksi Presiden (INPRES) No. 3 Tahun 2003 mengembangkan e-government bernama aplikasi Sikawan pada tahun 2019 yang bertujuan untuk memfasilitasi instansi pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam pengelolaan dokumen surat menyurat dan aktivitas perkantoran secara online. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang dirasakan pengguna. Terlebih, selama 4 tahun penerapannya belum pernah dilakukan evaluasi yang melibatkan pengguna terkait kualitas layanan. Data didapatkan dari penyebaran kuisioner kepada 337 ASN sebagai responden dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Banyuwangi. Selanjutnya dilakukan analisis e-govqual untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan aplikasi Sikawan yang diterima oleh pengguna, dan metode IPA untuk mengukur kinerja layanan berdasarkan tingkat kepentingan layanan serta untuk mengetahui aspek-aspek yang perlu untuk dilakukan perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan aplikasi Sikawan belum memenuhi kepentingan pengguna. Dari analisis gap (kesenjangan) didapatkan nilai sebesar -0,36 atau < 0 (negatif), serta hasil analisis kesesuaian sebesar 89,74% atau < 100%. Berdasarkan analisis kuadran, didapatkan 5 atribut yang berada pada kuadran 1 sehingga menjadi prioritas utama untuk diberikan rekomendasi perbaikan, antara lain keterbaruan informasi (E5), keamanan memperoleh username dan password (T1), kesuksesan layanan (R3), kecepatan layanan (R4), dan kecepatan memuat halaman (R5).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectEvaluasien_US
dc.subjectE-Governmenten_US
dc.subjectE-Govqualen_US
dc.subjectIPAen_US
dc.titleEvaluasi Kualitas Layanan Aplikasi Sistem Kantor Awan (Sikawan) Banyuwangi Menggunakan Metode E-Govqual dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus : OPD se-Kabupaten Banyuwangi)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Oktalia Juwita S.Kom., M.MTen_US
dc.identifier.pembimbing2Fajrin Nurman Arifin S.T., M.Eng.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Laely Fitriyah_192410101139.pdf
  Until 2029-01-25
1.34 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools