Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123382
Title: Kinerja Kepala Sekolah dalam Melaksankan Tugas Pokok dan Fungsi di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember
Authors: Ashari, Ayu Desinda
Keywords: Kinerja Kepala Sekolah
Melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi
Issue Date: 6-Dec-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kinerja kepala sekolah adalah capaian kepala sekolah yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya. Tugas pokok dan fungsi kepala sekolah menurut Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 adalah sebagai manajer, pendidik, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator. Dari kegiatan observasi awal yang dilakukan di TK ARNI Jember bahwa kepala sekolah di TK ARNI menjalankan tugas pokok dan fungsi yang begitu kompleks, namun kepala sekolah juga menjalankan tugas tambahan lain di luar tugas pokok atau utamanya yaitu sebagai bendahara dalam pertemuan satu gugus (KKG), sebagai sekretaris pada komunitas sekolah penggerak se Kabupaten Jember, dan kepala sekolah sering ditugaskan sebagai narasumber di TK-TK lain maupun pada webinar online. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “bagaimanakah kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi di TK ARNI Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan mulai tanggal 29 Mei - 13 Juni 2023. Teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di TK ARNI Jember, tugas pokok atau utama maupun tugas tambahan yang dijalankan kepala sekolah dapat diselesaikan tepat waktu atau sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Strategi yang digunakan kepala sekolah adalah membuat tim kerja pada guru seperti membagi dan mengatur tugas pendidik dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas-tugas administrasi seperti bendahara, sekretaris dan operator sekolah. Pada awalnya kepala sekolah yang mengerjakan tugas sebagai bendahara, sekarang sudah terdapat guru yang diberi tanggung jawab oleh kepala sekolah untuk menjadi bendahara. Kepala sekolah juga sudah memberi tanggung jawab pada guru yang lain untuk menjadi sekretaris, kepala sekolah juga terkadang dibantu oleh operator TU dalam mengerjakan tugas yang memang berat jika dikerjakan sendiri oleh kepala sekolah. Hal ini dapat terjadi karena kepala sekolah TK ARNI Jember terus memberi bimbingan, pengarahan, serta pembinaan kepada para guru. Kendala kepala sekolah dalam menjalankan tugas utamanya yaitu terdapat pada sumber daya manusianya. Karena masih terdapat guru yang masih susah untuk diajak maju, susah untuk mau mempelajari atau belajar sesuatu yang baru, juga masih terdapat beberapa guru yang susah untuk diarahkan. Kepala sekolah TK ARNI Jember juga pernah mengerjakan sendiri semua tugas termasuk menjadi bendahara dan sekretaris. Hal inilah yang menyebabkan kepala sekolah sering merasa kewalahan, kelelahan dan stress saat menjalankan tugas karena tidak ada yang membantu. Saran bagi kepala sekolah diharapkan dapat lebih meningkatkan lagi mutu sumber daya manusianya supaya dapat membantu kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
Description: Finalisasi repositori tanggal 12 Agustus 2024_Kurnadi_Lana
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123382
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AYU DESINDA ASHARI 190210205022.pdf
  Until 2029-07-31
697.91 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools