Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123360
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANDIANTI, Putri Wihatma-
dc.date.accessioned2024-08-12T01:56:03Z-
dc.date.available2024-08-12T01:56:03Z-
dc.date.issued2024-01-16-
dc.identifier.nim200210102102en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123360-
dc.description.abstractAbad 21 menekankan pada teknologi, sehingga guru harus memiliki keterampilan yang berkaitan dengan teknologi termasuk dalam proses penilaian pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas prestasi pembelajaran adalah dengan proses penilaian pembelajaran harus terukur dan interaktif, salah satunya dapat menggunakan chatbot. Chatbot adalah aplikasi komputer yang dibuat untuk meniru percakapan atau interaksi komunikatif dengan pengguna melalui elemen teks, audio, dan visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan penilaian pembelajaran berbasis chatbot pada materi dinamika rotasi terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penilaian pembelajaran berbasis chatbot pada materi dinamika rotasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Jember. Pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa dinilai menggunakan uji normalitas dan uji t dan analisis respon diukur menggunakan skala likert. Berdasarkan data post-test diperoleh data dengan nilai Sig. (2-tailed) nilai 0,000. Sesuai pedoman jika 0,000 ≤ 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penilaian pembelajaran berbasis chatbot materi dinamika rotasi terhadap hasil belajar siswa. Dari perbedaan tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penilaian pembelajaran berbasis chatbot pada materi dinamika rotasi terhadap hasil belajar siswa. Respon siswa setelah menggunakan penilaian chatbot pada materi dinamika rotasi memperoleh persentase rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectassesment chatboten_US
dc.subjectlearning outcomesen_US
dc.subjectstudents responsesen_US
dc.titlePengaruh Assesment Chatbot Materi Dinamika Rotasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Maryani, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Rif’ati Dina Handayani, S.Pd., M.Sien_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PUTRI WIHATMA ANDIANTI REPOSITORY UNEJ NEW.pdf
  Until 2029-01-16
3.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools