Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123268
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | KOMARIA, Nurul | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-08T08:05:04Z | - |
dc.date.available | 2024-08-08T08:05:04Z | - |
dc.date.issued | 2023-12-21 | - |
dc.identifier.nim | 190230104001 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123268 | - |
dc.description.abstract | Pengenalan pemanfaatan cascara pada mahasiswa untuk teh herbal kesehatan dilakukan guna memanfaatkan potensinya dan meneruskan agar komoditi ini tetap berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keterampilan metakognisi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah riset mengenai cascara untuk teh herbal kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode campuran, menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil keterampilan metakognisi mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran RBL-STEM, sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis kegiatan pembelajaran dan gambaran fase keterampilan metakognisi mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, masing-masing terdiri dari 50 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) pada uji independent sample t-test adalah 0,000 (p<0.05), menyiratkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan keterampilan metakognisi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah riset mengenai cascara sebagai teh herbal Kesehatan. Observasi terhadap aktivitas belajar mahasiswa menunjukkan hasil sebesar 91,6%, menempatkan siswa kelas eksperimen dalam kategori "sangat aktif". Ini menandakan bahwa penggunaan model pembelajaran RBL-STEM efektif dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan keterampilan metakognisi mereka dalam menghadapi tantangan penelitian terkait cascara untuk teh herbal kesehatan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Keterampilan Metakognisi | en_US |
dc.subject | RBL-STEM | en_US |
dc.subject | Cascara | en_US |
dc.title | Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Riset dengan Pendekatan Stem dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognisi Mahasiswa Menyelesaikan Masalah Pemanfaatan Cascara untuk Teh Herbal Kesehatan | en_US |
dc.type | Disertasi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Suratno, M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Sudarti, M.Kes | en_US |
dc.identifier.validator | reva | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_07_tanggal 10 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DISERTASI WATERMARK_NURUL KOMARIA_190230104001.pdf Until 2029-01-24 | 2.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools