Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123215
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share pada Materi Getaran dan Gelombang terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Authors: NA’IMAH, Difani Almi
Keywords: Think Pair Share
Materi Getaran
Keterampilan Berpikir Kritis
Materi Getaran dan Gelombang
Issue Date: 20-Jul-2023
Publisher: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan bidang studi tentang berbagai peristiwa yang terjadi di alam sekitar diorganisasikan menjadi sebuah ilmu yang mencakup proses dan produk. Penelitian ini memiliki tujuan mengkaji pengaruh model Think Pair Share pada materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar serta keterampilan berpikir kritis peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan quasi eksperimen digunakan dalam pross pengambilan data, serta memakai desain kelompok kontrol nonequivalent. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Rogojampi, Banyuwangi. Sampel diambil sebanyak 2 kelas yaitu control (8E) dan eksperimen (8H). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dokumentasi serta tes. Hasilnya menunjukkan bahwa model Think Pair Share pada materi getaran dan gelombang berdampak secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP aspek keterampilan dan tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP aspek sikap dan pengetahuan serta berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123215
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Difani.pdf
  Until 2028-12-28
2.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools