Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123195
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorABDILLAH, Mohammad Hilmy-
dc.date.accessioned2024-08-08T06:33:58Z-
dc.date.available2024-08-08T06:33:58Z-
dc.date.issued2023-08-07-
dc.identifier.nim190210104050en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123195-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan instrumen penilaian berbantuan wordwall dalam mengukur keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada prosedur model pengembangan Borg and Gall yang memiliki tahapan meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, validasi desain produk, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Ajung Jember. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar angket siswa, dan tes keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari analisis uji validitas, analisis uji kepraktisan, dan analisis uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 soal pilihan ganda yang dikembangkan dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa berdasarkan penilaian 3 validator dinyatakan sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Dua puluh soal pilihan ganda yang diujikan memiliki validitas butir soal yang valid. Instrumen penilaian memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,612. Analisis tingkat kesukaran diperoleh 5 soal kriteria mudah, 14 soal kriteria sedang, dan 1 soal kriteria sukar. Keefektifan instrumen penilaian diperoleh hasil rata-rata keterampilan proses sains peserta didik sebesar 55% yang termasuk kategori cukup dan angket respon peserta didik sebesar 81% sehingga dinyatakan sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectInstrumen Penilaianen_US
dc.subjectKeterampilan Proses Sainsen_US
dc.subjectWordwallen_US
dc.titlePengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Wordwall untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Pembelajaran IPA SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_FINAL_M. HILMY ABDILLAH_190210104050.pdf
  Until 2028-12-27
7.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools