Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123151
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWAHYUNI, Desy Fitriya-
dc.date.accessioned2024-08-08T04:03:13Z-
dc.date.available2024-08-08T04:03:13Z-
dc.date.issued2024-05-27-
dc.identifier.nim200210104029en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123151-
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 8 Agustus 2024_Kurnadi_Raraen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 7E berbasis STEM terhadap keterampilan proses IPA siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian kuasi eksperimental. Subjek yang diteliti adalah siswa SMP Negeri 1 Jenggawah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kelas VII B dengan 40 siswa, sebagai kelas terkontrol dan kelas VII D dengan 38 siswa, sebagai kelas eksperimen. Pembelajaran di kelas terkontrol menerapkan model pembelajaran konvensional sedangkan di kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran 7E bersiklus pembelajaran berbasis STEM. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan proses sains di dua kelas yang telah diseleksi, pertanyaan yang diberikan terdiri dari 12 pertanyaan esai. Soal-soal tes keterampilan proses sains dikembangkan berdasarkan 6 indikator keterampilan proses sains dasar. Berdasarkan hasil uji t sampel independen, Sig. (2-tailed) lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria uji t sampel mandiri, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran siklus 7E berbasis STEM berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses IPA siswa. Selanjutnya, untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa, tes N-gained dilakukan. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa nilai N-gain kelas di kelas eksperimen adalah 81% dengan kategori tinggi sedangkan nilai N-gain kelas di kelas kontrol adalah 56% dengan kategori sedang. Berdasarkan data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran siklus 7E berbasis STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan proses IPA siswa SMP.en_US
dc.description.sponsorship1. Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M. Pd., Ph.D., MCE 2. Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M. Pd., M.C.Een_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran Learning Cycle 7Een_US
dc.subjectPendekatan STEMen_US
dc.subjectKeterampilan Proses Sainsen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan Pendekatan STEM terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramudya Dwi A. P., S.Pd., M.Pd., Ph.D., M.C.Een_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd., M.C.Een_US
dc.identifier.validatorKacung- 1 Juli 2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DESY.pdf
  Until 2029-12-16
791.47 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools