Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123131
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA
Authors: HANI, Kiki Nofita
Keywords: Model Pembelajaran Treffinger
Kemampuan Berpikir Kritis
Hasil Belajar
Issue Date: 20-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian posttest only control group design. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Jember dengan materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya pada Kehidupan. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran treffinger berdampak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai kelas eksperimen pada kemampuan berpikir kritis mencapai 72,45 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memiliki nilai rata-rata 51,53. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen mencapai nilai 79,85 sedangkan pada kelas kontrol 46,47. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikasi pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yakni 0,000 atau kurang 0,05 yang berarti hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123131
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository_Kiki Nofita Hani_190210303030.pdf
  Until 2028-07-20
3.74 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools