Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123098
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorISLAMIYAH, Muizzatul-
dc.date.accessioned2024-08-08T03:10:13Z-
dc.date.available2024-08-08T03:10:13Z-
dc.date.issued2023-07-07-
dc.identifier.nim180210102115en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123098-
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Desember_2023_19en_US
dc.description.abstractFisika merupakan pembelajaran kompleks yang didalamnya mempelajari tentang alam semesta dan dapat membantu manusia dalam kehidupan kesehariannya serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan rasa sosial bagi peserta didik. Pembelajaran fisika kerap dianggap sebagai mata pelajaran yang cukup sulit dan kurang menarik yang membuat rata-rata siswa SMA rendah dalam mata pelajaran tersebut. Hasil dari observasi pada tempat penelitian menunjukkan bahwa guru fisika di sekolah tersebut lebih sering menggunakan model pembelajaran langsung (direct learning) dengan metode ceramah. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan upaya belajar dalam satuan pendidikan adalah dengan menerapkan model project based learning (PjBL). Penambahan media PhET Simulations dalam proses pembelajaran memungkinkan ketertarikan siswa yang lebih antusias selama pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji keterampilan proses sains siswa materi termodinamika dengan penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan PhET Simulations dan mengkaji pengaruh model project based learning (PjBL) berbantuan PhET Simulations terhadap hasil belajar fisika materi termodinamika. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan penentuan tempat penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Penentuan sampel penelitian dilihat dari hasil uji homogenitas nilai ulangan harian seluruh kelas XI IPA materi fisika sebelumnya yang hasilnya homogen sehingga dilanjut menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan guru fisika di sekolah tersebut yaitu pembelajaran langsung (direct learning) dan kelas eksperimen menggunakan model project based learning berbantuan PhET Simulations. Penlaian keterampilan proses sains hanya dilakukan di kelas eksperimen dengan penjabaran hasil berbentuk deskriptif. Sedangkan penilaian hasil belajar dilakukan pada kedua kelas yang diperoleh dari post-test yang dilaksanakan pada kedua kelas sampel pada akhir pertemuan pembelajaran. Hasil dari penelitian keterampilan proses sains pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa indikator keterampilan proses sains tertinggi yaitu menuliskan rumusan masalah dengan rata-rata sebesar 89% dan indikator keterampilan proses sains terendah yaitu identifikasi besaran fisika dengan ratarata sebesar 61%. Adapun presentase rata-rata dari keseluruhan indikator keterampilan proses sains yang dinilai yaitu 79% dengan kriteria sangat tinggi. Sedangkan hasil dari post-test yang telah dilaksanakan pada kedua kelas sampel diolah menggunakan aplikasi SPSS 23 memiliki rata-rata sebesar 65,79 dan kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 75,58 dilanjut uji normalitas One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test menunjukkan hasil nilai signifikansi kelas kontrol 0,200 > 0,05 dan nilai signifikansi kelas eksperimen 0,200 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan data tersebut terdistribusi normal dan dilanjut uji-t. Hasil dari uji independent t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,014 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dengan hasil yang telah dijabarkan diatas, dapat disimpulkan bahwasanya kemampuan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika materi termodinamika dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan PhET Simulations termasuk dalam kriteria sangat tinggi dan ada pengaruh yang signifikan dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan PhET Simulations terhadap hasil belajar fisika materi termodinamika.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Maryani, M.Pd. Dr. Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectPhET Simulationsen_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.titlePengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan PhET Simulations terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Materi Termodinamikaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Maryani, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Rif'ati Dina Handayani, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Desember_2023_19en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Final (Autosaved).pdf
  Until 2028-08-10
5.04 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools