Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123060
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSEPTIANI, Risa-
dc.date.accessioned2024-08-08T02:41:19Z-
dc.date.available2024-08-08T02:41:19Z-
dc.date.issued2023-07-13-
dc.identifier.nim191510901015en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123060-
dc.description.abstractKelurahan Jumerto merupakan salah satu desa yang dilakukan kegiatan Sekolah Lapang pogram Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP). Petani di Kelurahan Jumerto melakukan usahatani padi. Menurut Kecamatan Patrang dalam angka 2023 terjadi penurunan produktivitas padi, di tahun 2021 dan 2022. Oleh karena itu dengan adanya sekolah lapang program IPDMIP menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas. Sekolah lapang memiliki tujuan untuk meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan petani. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui tingkat keberhasilan sekolah lapang dengan melihat perilaku petani (pengetahuan, sikap dan keterampilan). Peneliti ingin mengkaji lebih lanjut terkait tingkat keberhasilan sekolah lapang. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui tingkat keberhasilan sekolah lapang program IPDMIP, 2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program IPDMIP. Penelitian ini disusun berdasarkan pada hasil peneltian terdahulu oleh Nuzuliyah dan Irawan (2022) efektivitas perubahan perilaku petani terhadap model sekolah lapang dengan menggunakan tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive method) dengan pertimbangan bahwa Kelurahan Jumerto menjadi salah satu lokasi sekolah lapang program IPDMIP di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode analisis skala likert dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat keberhasilan sekolah lapang dalam kategori tinggi dengan persentase 75%. Faktor internal yang mempengaruhi yaitu umur, pendidikan formal, pengalaman usahatani. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi keberhasilan sekolah lapang yaitu peran penyuluh pertanian.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pertanianen_US
dc.subjectPerilaku Petanien_US
dc.subjectPetanien_US
dc.subjectSekolahen_US
dc.titleTingkat Keberhasilan Sekolah Lapang Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP)en_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPenyuluhan Pertanianen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sudarko, S.P., M. Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository_Risa Septiani_191510901015.pdf
  Until 2028-05-03
1.87 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools