Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123010
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAbdullah, Syauqi-
dc.date.accessioned2024-08-08T01:44:47Z-
dc.date.available2024-08-08T01:44:47Z-
dc.date.issued2024-06-04-
dc.identifier.nim170210204088en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123010-
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 8 Agustus 2024_Kurnadi_Lanaen_US
dc.description.abstractPenerapan RME merupakan bentuk pembelajaran yang menggunakan dunia nyata dan kegiatan pembelajaran yang lebih menekankan aktivitas siswa untuk mencari, menemukan, serta membangun sendiri pengetahuan yang diperlukan, sehingga pembelajaran menjadi terpusat pada siswa. Matematika merupakan mata pelajaran yang terkadang sering tidak disukai karena kesulitannya. Banyak sekali materi di dalamnya salah satunya adalah bilangan cacah. Pada materi ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal. Hal ini mempengaruhi minat siswa dan emosi siswa untuk menyerah dalam mengerjakan. Penerapan RME pada materi perkalian bilangan cacah diharapkan dapat menimbulkan suasana yang bermakna dan menyenangkan untuk siswa, sehingga menambah minat siswa untuk belajar dan meningkatkan hasil belajarnya kelas II Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “ adakah pengaruh yang signifikan pada penerapan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II di SDN Wonosari 01 Jember” Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pola eksperimental semu (quasi experimental design) dengan pola penelitian non-equivalent control group design 15 siswa pada siswa II di SDN Wonosari 01 Jember yang semuanya dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data tersebut menggunakan soal tes. Hasil dari 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 kemudian dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan df = 28 taraf signifikansi 5% yang menunjukkan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,048. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilihat bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,638 > 2,048), sehingga kesimpulannya ada pengaruh signifikan dari penerapan RME. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh RME dalam hasil belajar Matematika materi Bilangan Pecahan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Saran yang dapat disampaikan adalah pengoptimalan pemberian motivasi belajar yang intens kepada siswa agar hasil belajar Matematika materi Bilangan Pecahan menjadi optimal. Bagi peneliti lain dapat dijadikan bahan pertimbangan dan perlu diperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.en_US
dc.description.sponsorship1. Pembimbing Utama Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd. 2. Pembimbing Anggota Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectRealistic Mathematics Educationen_US
dc.subjectPerkalian Bilangan Cacahen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah pada Siswa Kelas II di SDN Wonosari 01 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 24 Juni 2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SYAUQI ABDULLAH 170210204088.pdf
  Until 2029-06-23
1.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools