Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/12296
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Vaidatul Aliya | - |
dc.date.accessioned | 2013-12-24T04:43:16Z | - |
dc.date.available | 2013-12-24T04:43:16Z | - |
dc.date.issued | 2013-12-24 | - |
dc.identifier.nim | NIM090210101049 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12296 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus dengan materi yang sama, dengan tujuan siklus II untuk perbaikan dari kekurangan yang terjadi pada siklus I. Pada setiap siklus dilakukan perencanaan (menyusun rencana pembelajaran, menyusun lembar kerja siswa, menyusun soal latihan, menyusun tes, dan menyusun pedoman observasi dan wawancara), tindakan (melaksanakan rencana penelitian yang telah disusun), observasi (observasi bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan tindakan, dalam hal ini yang diobservasi adalah aktivitas siswa dan guru selama proses belajar mengajar dengan menggunakan Strategi Inkuiri), dan refleksi (upaya mengkaji dampak suatu tindakan, informasi yang diperoleh dari langkah refleksi merupakan bahan yang tepat untuk menyusun perencanaan siklus berikutnya). Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi (data aktivitas guru dan siswa), tes (data hasil belajar siswa), dan wawancara (data tentang cara mengajar guru, tingkat kemampuan siswa, dan kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam memahami suatu konsep). Analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif (berdasarkan hasil observasi dan wawancara) dan analisa data kuantitatif (berdasarkan hasil tes dan aktivitas siswa) . Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 64,48% dan siklus II sebesar 84,34%. Skor tes menunjukkan ada 14 siswa yang tidak tuntas belajar dari jumlah keseluruhan siswa, yaitu 33 orang (pada silkus I) dan ada 4 siswa yang tidak tuntas belajar dari jumlah keseluruhan siswa, yaitu 33 orang (pada siklus II). Persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 57,58% pada siklus I dan sebesar 90,91% pada siklus II. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan Strategi Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Salah satu kekurangan dari penggunaan strategi ini adalah penggunaan waktu yang cenderung lama, oleh karena itu agar penelitian ini berhasil sebaiknya memilih materi yang sesuai dengan inkuiri dan kondisi kognitif siswa, memperhatikan jenis alat dan bahan yang akan digunakan sebagai alat peraga, dan cara guru mengarahkan siswa sebaiknya benar-benar terkonsep dan teratur sehingga dengan penggunaan strategi yang baru siswa tidak merasa kesulitan dengan tahapan-tahapan pembelajaran yang ada. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090210101049; | - |
dc.subject | Strategi Inkuiri, Keliling dan Luas Lingkaran | en_US |
dc.title | PENERAPAN STRATEGI INKUIRI PADA SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP IT SYARIF HIDAYATULLAH SUKORAMBI TAHUN AJARAN 2012/2013 | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Vaidatul Aliya_1.pdf | 174.78 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools