Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122891
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPUTRI, Evayanti Yuliana Putri-
dc.date.accessioned2024-08-06T01:51:32Z-
dc.date.available2024-08-06T01:51:32Z-
dc.date.issued2024-07-03-
dc.identifier.nim200910302001en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122891-
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 6 Agustus 2024_Kurnadi_Raraen_US
dc.description.abstractFlexing sering dilakukan oleh Generasi Z di media sosial Instagram. Tindakan ini dilakukan agar Generasi Z bisa mendapatkan attention dari orang lain. Pemilihan Instagram untuk melakukan flexing dikarenakan media ini cukup lunak dalam menyajikan konten kesempurnaan yang akhirnya mendorong penonton untuk menunjukkan konten serupa. Hal ini menjadikan Instagram mengalami pergeseran fungsi. Instagram bertransformasi menjadi mesin hasrat untuk menampilkan gambar tubuh yang menarik perhatian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis flexing sebagai fenomena di media sosial yang dapat membentuk artikulasi identitas bagi mahasiswa Generasi Z di Instagram. Penelitian ini menggunakan teori simulasi hiperrealitas oleh Jean Baudrillard. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif pendekatan etnografi virtual oleh Christine Hine. Hasil dari penelitian ini yaitu flexing yang dilakukan Generasi Z di Instagram terbagi menjadi tiga kategori yaitu flexing gaya hidup, flexing prestasi, dan flexing hobi baru. Flexing tidak lagi memiliki makna negatif melainkan menjadi tindakan yang wajar dilakukan agar Generasi Z bisa mengartikulasikan identitas sosial atau menegaskan identitas sosialnya. Pemilihan Instagram untuk flexing tampaknya menjadikan media ini sebagai mesin hasrat bagi masyarakat untuk berperilaku konsumtif. Dalam kondisi ini subjek flexing kerap menampilkan fragmentasi tubuh yang palsu, sehingga tidak ayal jika Generasi Z sering melakukan simulasi pada postingan di Instagram.en_US
dc.description.sponsorship1. Dien Vidia Rosa, S.Sos., M.A 2. Nurina Adi Paramitha, S.Sos., M.Sos.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectFlexingen_US
dc.subjectGenerasi Zen_US
dc.subjectIdentitasen_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.titleFlexing Sebagai Artikulasi Identitas Mahasiswa Generasi Z Di Instagramen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSosiologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dien Vidia Rosa, S.Sos., M.A.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nurina Adi Paramitha, S.Sos., M.Sos.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
EVAYANTI YULIANA PUTRI_WATERMARK_SKRIPSI.pdf2.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools