Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122795
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSABILA, Aura Friska-
dc.date.accessioned2024-07-31T03:55:37Z-
dc.date.available2024-07-31T03:55:37Z-
dc.date.issued2023-07-21-
dc.identifier.nim191510601093en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122795-
dc.description.abstractKopi merupakan komoditas perkebunan potensial dengan kecenderungan peningkatan pada produksi dan konsumsi. Peluang tersebut mendorong pengembangan industri pengolahan kopi, terutama di Jawa Timur sebagai sentra produksi kopi di Pulau Jawa. CV. D’Eka Karunia Coffee Legend di Jember menghasilkan produk inovasi yaitu Kapulogo Coffee dan Ricebran Coffee yang unik dan kaya manfaat. Pengembangannya perlu terkendala persaingan pasar, product knowledge rendah, dan sumberdaya terbatas dengan produksi sistem pre-order yang lebih rendah dari produk lain sehingga diperlukan pengelolaan optimal agar diperoleh efisiensi dalam pengembangan usaha dan produk. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui efisiensi biaya dari R/C ratio, bisnis model kanvas (BMC), dan strategi pengembangan melalui SWOT pada produk inovasi kopi tersebut. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan analitik dengan perolehan data dari 3 responden internal dan 4 eksternal dari mitra pemasok kopi, pemasok campuran, pemasaran, dan lembaga pembina. Penelitian menunjukkan hasil bahwa 1) Kedua produk telah efisien dengan Kapulogo Coffee lebih menguntungkan dari Ricebran Coffee, 2) Value proposition dan customer segment penting dalam memaksimalkan pengembangan produk dengan revenue stream 61% dari Kapulogo Coffee dan cost structure terbesar dari tenaga kerja dan kemasan, 3) CV. D’Eka Karunia Coffee Legend berada pada kuadran I yang cenderung pada penerapan strategi S-O.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPertanianen_US
dc.subjectKopi Inovasien_US
dc.subjectEfisiensien_US
dc.subjectBMCen_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.titleAnalisis Pengembangan Produk Inovasi Kopi di cv. D’Eka Karunia Coffee Legend Berbasis BMC (Business Model Canvas)en_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiAgribisnisen_US
dc.identifier.pembimbing1Intan Kartika Setyawati, S.P., M.P.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository_Aura Friska Sabila.pdf
  Until 2028-01-09
Main Article2.13 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools