Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122626
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NARISWARI, Irza Azzahra | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-19T00:47:43Z | - |
dc.date.available | 2024-07-19T00:47:43Z | - |
dc.date.issued | 2023-09-05 | - |
dc.identifier.nim | 190210204097 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122626 | - |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 19 Juli 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Kurikulum yang masih sangat baru membuat kebutuhan serta karakteristik peserta didik pada pembelajaran belum terlihat dengan jelas, sehingga pengembangan bahan ajar perlu dilakukan agar peserta didik memperoleh pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakter belajarnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan serta mengetahui keefektifan, kepraktisan dan kevalidan pengembangan e-book bermuatan profil pelajar Pancasila elemen berkebhinnekaan global kelas IV pelajaran Pendidikan Pancasila unit II di SDN Rambipuji 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Borg and Gall. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Perhitungan uji t-test menggunakan rumus independent sample t-test dengan hasil yaitu nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (8,768 > 2,007). Uji keefektifan relatif dengan hasil sebesar 62,3%% dengan kategori keefektifan tinggi yang membuktikan bahwa penggunaan e-book bermuatan profil pelajar Pancasila pada kelas ekperimen lebih efektif 62,3% dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan bahan ajar tersebut. Hasil dari perhitungan respon siswa dengan menggunakan rumus respon siswa yaitu memperoleh 97,4 yang termasuk kategori sangat efektif dan praktis. Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa e-book bermuatan profil pelajar Pancasila tersebut efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | E-BOOK | en_US |
dc.subject | PROFIL PELAJAR PANCASILA | en_US |
dc.subject | BERKEBHINEKAAN GLOBAL | en_US |
dc.title | Pengembangan E-book Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Berkebhinekaan Global untuk Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit II di SDN Rambipuji 02 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Zetti Finali S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_Mei_2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI IRZA AZZAHRA.pdf Until 2028-09-05 | 1.22 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools