Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122566
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HAKIM, Lukman | - |
dc.date.accessioned | 2024-07-17T06:40:02Z | - |
dc.date.available | 2024-07-17T06:40:02Z | - |
dc.date.issued | 2023-06-12 | - |
dc.identifier.nim | 190210303040 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122566 | - |
dc.description.abstract | Media pembelajaran dan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran dalam pendidikan sangat penting untuk hasil belajar yang diinginkan. Media atau model pembelajaran yang menarik dibutuhkan dalam mewujudkan keterampilan cara berpikir geografi, Salah satu media pembelajaran yang menarik yaitu Google Earth. Pada penelitian ini lebih berfokus pada Keterampilan berpikir geografi yang merupakan sebuah kemampuan intelektual dalam mempelajari, merenungkan, dan menyimpulkan serta mengimplementasikan secara keruangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh media pembelajaran Google Earth terhadap keterampilan berpikir geografi dan hasil belajar siswa. Keterampilan berpikir geografi memiliki 5 indikator yakni Ask geographic questions (mengajukan pertanyaan terkait geografi), Acquire geographic resources (memperoleh informasi terkait geografi), Ekspolre geographic data (Menjelajah/mengatur informasi geografi), Analyze geographic information (menganalisis informasi geografi), Act upon geographic knowledge (bertindak berdasarkan pengetahuan geografi). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 jember. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Mann-Whitney U-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data kemampuan berpikir kritis siswa dan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan keterampilan berpikir geografi menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,003, sedangkan untuk hasil belajar siswa menunjukkan hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dari data tersebut dapat diambil keputusan bahwa media pembelajaran Google Earth berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir geografi dan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.title | Pengaruh Media Pembelajaran Media Google Earth terhadap Keterampilan Berpikir Geografi dan Hasil Belajar Siswa | en_US |
dc.type | Other | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | M. Asyroful Mujib, S.Pd., M.Pc | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_Mei_2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_07_tanggal 10 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
190210303040_Lukman Hakim_Skripsi.pdf | 4.81 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools