Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122535
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFEBRIYONO, Agnesa-
dc.date.accessioned2024-07-17T03:31:27Z-
dc.date.available2024-07-17T03:31:27Z-
dc.date.issued2023-07-18-
dc.identifier.nim180210102043en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122535-
dc.description.abstractAugmented reality merupakan teknologi menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kedalam lingkungan nyata tiga dimensi kemudian memproyeksikan benda-benda maya tersebut ke dalam lingkungan nyata secara langsung (real time). Tujuan penelitian ini yaitu merancang media pembelajaran berbasis augmented reality pada pokok bahasan momentum dan impuls, serta mengetahui respon pengguna setelah menggunakan rancangan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknologi ini diterapkan pada media pembelajaran momentum dan impuls dengan menggunakan metode Luther. Metode Luther terdiri dari enam tahapan yaitu: Konsep, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Pembuatan, Pengujian, dan Distribusi. Tahapan Pembuatan diimplementasikan menggunakan Unity 3D dan vuforia yang menghasilkan aplikasi augmented reality yang dapat menampilkan objek 2D dan 3D. Tahapan testing dilakukan menggunakan uji alpha dan beta. Respon guru dan siswa bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan rancangan media pembelajaran. Hasil analisis angket respon memiliki persentase 84,13 % dengan kategori sangat baik untuk angket respon siswa dan 93,84 % dengan kategori sangat baik untuk angket respon guru. Tahapan Distribution dilakukan dengan mengupload aplikasi augmented reality yang telah dibuat pada platform amazon appstore.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.subjectLuther Methoden_US
dc.subjectUnity 3Den_US
dc.subjectMomentum and Impulseen_US
dc.titleRancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls di Smaen_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Alex Harijanto, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnRen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
resipturi.pdf
  Until 2028-07-01
1.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools