Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122376
Title: Manajemen Kemitraan TK Ilmu Al-Qur'an Kabupaten Jember dengan Puskesmas Mangli dalam Pelayanan Kesehatan Anak Usia Dini Tahun Ajaran 2022/2023
Authors: ZAHROH, Fatim Matuz
Keywords: Manajemen Kemitraan
Pelayanan Kesehatan
Pendidikan Anak Usia Dini
Issue Date: 27-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kemitraan merupakan suatu kegiatan yang bersifat saling menguntungkan antara lembaga satu dengan lainnya yang bertujuan guna meningkatkan kualitas antar lembaga. Terutama untuk lembaga sekolah pastinya perlu melakukan kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan kualitas mereka dalam pembelajaran dan lainnya. Salah satu lembaga yang melakukan kemitraan yaitu TK Ilmu AlQur’anَّ yangَّ terletakَّ diَّ Jl.َّ Bandengَّ No.1َّ Sempusariَّ Kecamatanَّ Kaliwates Kabupaten Jember. Lembaga ini merupakan salah satu lembaga yang peduli terhadap status kesehatan anak usia dini. Status kesehatan anak menjadi point dasar dalam mencapai tujuan pembelajaran yang berhasil. Sehingga TK Ilmu AlQur’anَّbekerjasama dengan Puskesmas Mangli dalam Pelayanan Kesehatan Anak Usia Dini yang meliputi kegiatan seperti imunisasi, pemenuhan gizi seimbang, pemberian vitamin, pemberian vaksin, pemeriksaan gigi, dan kegiatan parenting orang tua. Dalam melakukan hubungan kemitraan antara TK Ilmu Al-Qur’anَّ dengan Puskesmas Mangli harus melaksanakan beberapa tahap diantaranya perencanaan, pengoorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. TK Ilmu Al-Qur’anَّ telah melaksanakan tahapan tersebut dengan baik, meskipun dengan bersifat intern saja artinya hanya melibatkan kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah menentukan tugas dan tanggung jawab pada saat rapat intern ketika akan diadakan kegiatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari kepala sekolah, petugas puskesmas, dan guru, sebagai informasi utama. Kemudian ada komite sekolah dan orang tua sebagai informasi pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah saya lakukan di TK Ilmu AlQur’anَّKecamatanَّKaliwatesَّKabupatenَّJember,َّmenunjukanَّbahwaَّmanajemenَّ kemitraan lembaga TK Ilmu Al-Qur’anَّ denganَّ Puskesmas Mangli dalam Pelayanan Kesehatan Anak Usia Dini memiliki beberapa tahapa diantaranya yaitu perencanaan, pengoorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan sekolah sudah bekerja sama dengan puskesmas sejak lembaga TK berdiri dan mendapatkan bukti surat MoU pada April 2023. Pada tahap pengoorganisasian sekolah membagikan tugas dan tanggung jawab kepada guru. Tahap pelaksanaan guru menjalankan tugas dan tanggung jawab, mengatur, membimbing anak didiknya masing-masing. Tahap yang terakhir yaitu evaluasi hasil dari kegiatan kemitraan dengan puskesmas mangli terhadap sekolah dan anak didik. Bagi anak didik mendapatkan status kesehatan yang baik dan berdampak pada lembaga yang berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran, anak sehat, aktif dalam mengikuti setiap kegiatan di sekolah. Karena kesehatan anak akan berdampak pada setiap aktivitas yang dilakukannya.
Description: validasi_repo_firli_Desember_2023_27
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122376
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WATEMARK_Fatim 190210205081.pdf
  Until 2028-07-31
2.72 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools