Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122333
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorULUMIYAH, Kholidatul-
dc.date.accessioned2024-07-16T02:07:04Z-
dc.date.available2024-07-16T02:07:04Z-
dc.date.issued2023-07-26-
dc.identifier.nim190910301021en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122333-
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_Desember_2023_19en_US
dc.description.abstractPenyalahgunaan NAPZA dan OKERBAYA merupakan masalah nasional karena berdampak negatif yang dapat merusak serta mengancam langsung kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor penyebab diantaranya adalah kesibukan orang tua terhadap pekerjaan yang membuat orang tua tidak memiliki banyak waktu untuk mengawasi dan melihat berbagai aktivitas yang dilakukan pada remaja. Penelitian ini menggunakan konsep keluarga, konsep Napza, dan Konsep Okerbaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan purposive area. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Metode analisis data Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian adalah Peran pengasuhan dapat dilihat secara konkrit berbentuk menyayangi anaknya dengan cara menjaga dan merawat anaknya dengan baik, memenuhi kebutuhan anak, selalu meluangkan waktu untuk anak, menganggap anak seperti teman sendiri dan selalu menjadi pendengar yang baik untuk anaknya. Peran pendidikan dapat dilihat secara konkrit pada penjelasan di atas yaitu mengutamakan mengajarkan kepada anak ilmu agama sejak mereka masih kecil. Hal ini merupakan trik khusus dari informan agar anaknya bisa terhindar dari penyalahgunaan Napza dan Okerbaya. Peran pengawasan dapat dilihat secara konkrit berbentuk mengawasi anaknya seperti ketika anak sudah selesai sekolah formal maupun informal harus segera pulang ke rumah, anak harus menaati peraturan yang ada disekolah formal maupun informal, dan menjalin komunikasi dengan walikelas agar bisa memantau efektivitas jam belajar belajar anak disekolah.en_US
dc.description.sponsorshipArif, S.Sos., M.AP ; Akhmad Munif Mubarok, S.Sos., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPeran Keluargaen_US
dc.subjectNAPZAen_US
dc.subjectKesejahteraan Remajaen_US
dc.subjectOKERBAYAen_US
dc.titlePeran Keluarga dalam Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA dan OKERBAYA pada Remaja di Desa Kaliwining Dusun Curah Suko Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Kesejahteraan Sosialen_US
dc.identifier.pembimbing1Arif, S.Sos., M.APen_US
dc.identifier.pembimbing2Akhmad Munif Mubarok, S.Sos., M.Sien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Desember_2023_19en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-12-19
1.07 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools