Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122162
Title: Pengaruh Metode Pictorial Riddle berbantuan Assemblr-Edu terhadap Historical Thinking Skill dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Sejarah
Authors: NISA, Errin Ainun
Keywords: Pictorial Riddle
Historical Thinking Skill
Hasil Belajar
Issue Date: 13-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran sejarah bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir sejarah yang menjadi dasar bagi peserta didik. Kurikulum Merdeka menekankan keterampilan berpikir sejarah sebagai salah satu lingkup standar kecakapan pembelajaran sejarah. Namun, selama ini peserta didik beranggapan bahwa pembelajaran sejarah hanya sekedar menghafal. Pembelajaran sejarah membutuhkan penerapan metode yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir, salah satunya menggunakan metode Pictorial Riddle. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa Pictorial Riddle dapat meningkatkan kemampuan berpikir serta mengembangkan aktivitas peserta didik dalam diskusi. Pembelajaran dapat maksimal apabila dilandasi dengan penggunaan teknologi. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengkonfirmasi pengaruh metode Pictorial Riddle berbantuan Assembler-Edu terhadap keterampilan berpikir sejarah dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode Pictorial Riddle dengan berbantuan Assemblr-Edu terhadap Historical Thinking Skill peserta didik kelas X pada mata pelajaran sejarah? (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode Assemblr-Edu terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran sejarah?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam menerapkan metode Pictorial Riddle terhadap Historical Thinking Skill dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan model pretest-posttest, non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari 72 peserta didik dari kelas X-7 dan kelas X-9 di SMAN 1 Giri Taruna Bangsa. Penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes sebagai alat pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan uji ANACOVA berbantuan software SPSS 23 for windows. Hasil uji ANACOVA menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,007 (0,007 < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh metode Pictorial Riddle berbantuan Assemblr-Edu terhadap keterampilan berpikir sejarah. Sedangkan hasil uji ANACOVA pada hasil belajar menunjukkan 0,000 (0,000 < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh terhadap penerapan metode Pictorial Riddle berbantuan Assemblr-Edu terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil estimates marginal means data berpikir sejarah memperoleh nilai sebesar 84,820 pada kelas eksperimen dan 83,874 pada kelas kontrol, hasil tersebut menunjukkan kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol. Sedangkan estimates marginal means data hasil belajar sebesar 81,375 pada kelas eksperimen dan 78,292 pada kelas kontrol, hasil tersebut menunjukkan kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan Historical Thinking Skill dan hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan metode Assemblr-Edu pada mata pelajaran sejarah. Rekomendasi penelitian ini adalah metode Pictorial Riddle berbantuan Assemblr-Edu dapat menjadi referensi tambahan yang menarik untuk pembelajaran sejarah. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan baik dari segi materi maupun integrasi media tertentu agar pembelajaran lebih bervariasi.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122162
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Errin Ainun Nisa_190210302077.pdf
  Until 2028-07-27
2.17 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools