Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122098
Title: Pengembangan LKPD Bermuatan Kearifan Lokal Probolinggo pada Mata Pelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya untuk Peserta Didik Kelas IV SDN Tisnonegaran 1 Kota Probolinggo
Authors: FANIA, Sherina Marga
Keywords: Pengembangan
LKPD
Kearifan Lokal
Issue Date: 11-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penggunaan LKPD dengan pengimplementasian kurikulum merdeka masih jarang dikembangkan. Mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam mata pelajaran sebagai bentuk peningkatan rasa cinta terhadap kebudayaan daerah dan sebagai upaya mempertahankan eksistensi kearifan lokal di tengah globalisasi. Mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan pengembangan bahan ajar berupa LKPD bermuatan kearifan lokal Probolinggo. Tujuannya untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan hasil pengembangan LKPD. Jenis penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall. Hasil validasi produk dari validator ahli mendapat skor 89% dan dikategorikan sangat layak untuk diuji coba. Hasil keefektifan mendapat nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel (11,101 > 2,003), artinya penggunaan LKPD bermuatan kearifan lokal Probolinggo lebih efektif daripada bahan ajar buku di sekolah, sehingga hasil belajar kedua kelas menunjukkan keefektifan relatif (ER) mencapai 41,3% dengan kategori keefektifan sedang. Hasil uji kepraktisan menunjukkan persentase skor sebesar 94% dengan kategori sangat praktis, artinya LKPD layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122098
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sherina Marga Fania_TA Repository.pdf
  Until 2028-07-25
5.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools