Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122078
Title: Penurunan Pengaruh Rusia Terhadap Negara-negara Bekas Uni Soviet yang Tergabung dalam Commonwealth of Independent States (CIS)
Other Titles: The Decreasing of Russia’s Influence on The Former Soviet Union Countries in The Commonwealth of Independent States (CIS)
Authors: AKBAR, Mufadhdhal
Keywords: Penurunan Pengaruh
Pengaruh Rusia
European Neigbourhood Policy
Commonwealth of Independent States
Sphere of Influence
Issue Date: 17-Jul-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Rusia merupakan pewaris terbesar dari sisa kejayaan Uni Soviet. Dengan status tersebut Rusia mendirikan organisasi persemakmuran baru sebagai ganti dari runtuhnya Uni Soviet. Sebagai salah satu pendiri dan merupakan negara terbesar di kawaasan tersebut, Rusia memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap negara anggota lainnya. Namun pengaruh yang dimiliki Rusia semakin terlihat adanya indikasi penurunan. Dalam mengidentifikasi penurunan pengaruh yang dimiliki Rusia, artikel ini menggunakan konsep Sphere of influence yang berkaitan dengan teori realisme. Realisme beranggapan bahwa sistem internasional bersifat anarkis sehingga memunculkan peluang untuk terjadinya pergeseran peran aktor dominan di dalamnya. Metodologi yang digunakan dalam artikel ini merupakan pendekatan kuasi kualitatif. Penggunaan metodologi tersebut dikarenakan artikel ini masih memakai teori dan konsep dari para ahli sebagai pisau analisisnya. Artikel ini menggunakan studi literatur sebagai jawaban dari permasalahan yang ada. Indikasi penurunan pengaruh Rusia terjadi pada tiga sektor yaitu politik, militer, dan budaya. Penurunan tersebut disebabkan oleh dua faktor yang menyebabkan adanya penurunan pengaruh yang dimiliki Rusia terhadap negara anggota organisasi persemakmuran tersebut. Faktor pertama datang dari Rusia sendiri. Tindakan Rusia yang represif menyebabkan negara anggota yang lain menjauh dan hal tersebut mengurangi legitimasi yang dimiliki Rusia. Kemudian faktor terakhir datang dari kemunculan Uni Eropa yang memperluas pengaruhnya ke wilayah Eropa Timur. Uni Eropa menggunakan salah satu kebijakannya sebagai daya tarik bagi negara anggota persemakmuran ini untuk menjalin mitra kerjasama dengan Uni Eropa.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122078
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Draf Skripsi_Mufadhdhal Akbar Repository.pdf
  Until 2028-07-17
644.92 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools