Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122070
Title: Pengaruh Bantuan Operasional Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Ibu Dalam Meningkatkan Cakupan Antenatal Care di Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Puskesmas Kabupaten Jember)
Other Titles: The Effect of Health Operational Assistance on Maternal Health Services in Increasing Antenatal Care Coverage during the Covid-19 Pandemic (Study at Jember Regency Health Center)
Authors: RAHMAWATI, Nita
Keywords: PENGARUH BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN
Issue Date: 20-Jun-2023
Publisher: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Abstract: Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) merupakan salah satu program untuk mendongkrak kinerja Puskesmas yang difokuskan untuk pencapaian program kesehatan prioritas nasional, salah satunya yaitu terkait pelayanan kesehatan ibu. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh BOK terhadap pelayanan kesehatan ibu dalam upaya peningkatan cakupan antenatal care dimasa pandemi Covid-19 di Pukesmas Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini yaitu analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian yaitu 50 Puskesmas di Kabupaten Jember, pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dan didapat sampel sebanyak 44 Puskesmas. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan kesehatan ibu yang mendapat alokasi dana BOK meliputi kelas ibu hamil, pendampingan bumil risti serta kemitraan bidan dan dukun. Realisasi dana BOK untuk ketiga kegiatan tersebut belum maksimal dikarenakan faktor penerbitan petunjuk teknis yang terlambat, tahapan verifikasi pencairan dana BOK yang panjang, serta adanya pandemi Covid-19. Hasil uji statistik menunjukkan nilai Sig capaian kelas ibu hamil tahun 2020 dan 2021 sebesar 0,000; nilai Sig capaian pendampingan bumil risti tahun 2020 dan 2021 sebesar 0,000; dan nilai Sig capaian kemitraan bidan dan dukun tahun 2020 sebesar 0,062 dan 2021 sebesar 0,841. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh BOK terhadap capaian kelas ibu hamil dan pendampingan bumil risti, namun tidak berpengaruh terhadap capaian kemitraan bidan dan dukun di Puskesmas Kabupaten Jember.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122070
Appears in Collections:UT-Faculty of Public Health

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nita Dwi Rahmawati.pdf2.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools