Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122022
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKHOLIL, Nor-
dc.date.accessioned2024-07-11T07:16:11Z-
dc.date.available2024-07-11T07:16:11Z-
dc.date.issued2023-07-18-
dc.identifier.nim192410101018en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122022-
dc.description.abstractPenelitian ini melakukan evaluasi terhadap keselarasan strategi bisnis dan TI dengan menilai kematangan menggunakan strategic alignment maturity model (SAMM) di kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bondowoso. BKPSDM telah melakukan penerapan TI yang diterapkan sejak 2019, dalam penerapan sistem tersebut ditemukan permasalahan, seperti pemanfaatan/investasi dari sistem belum mencapai target yang diinginkan, belum adanya tata kelola secara maksimal dalam pembuatan SLA (Service Level Agreement), belum memiliki staf khusus yang menangani pengelolaan kegiatan IT di instansi kepegawaian. serta belum pernah dilakukannya penilaian terhadap penyelarasan antara strategi bisnis dan TI sehingga belum diketahui tingkat keselaran antara bisnis dan TI di kantor BKPSDM apakah sudah berada pada level yang baik atau belum. Penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada unit bisnis dan unit TI yang telah ditentukan sebelumnya. Terdapat enam kriteria dalam menentukan kematangan keselarasan berdasarkan SAMM. Hasil dari nilai kematangan akan digunakan acuan dalam menentukan rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan kantor BKPSDM. Hasil penilaian keselarasan strategi bisnis dan TI pada BKPSDM adalah 3 dari 5. Nilai kematangan berada pada level 3 (tiga) yaitu Established Focused Process. Organisasi yang berada pada tingkatan kematangan ini didefinisikan telah mengarah pada kematangan strategis, kegiatan dalam organisasi pun berfokus pada kegiatan yang mewujudkan tujuan bisnis. Rekomendasi perbaikan pada penelitian ini diberikan pada sub kriteria yang bernilai rendah. Sub kriteria yang mendapat rekomendasi antara lain Inter-organizational Learning/Education, Service Level Agreements, dan Training/Talent improvement to Learn.en_US
dc.description.sponsorshipOktalia Juwita, S.Kom., M.MT Fajrin Nurman Arifin, ST.,M.Engen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectSTATEGIC ALIGNMENT MODEL MATURITYen_US
dc.titleEvaluasi Penyelarasan Strategi TI Dan Bisnis Dengan Menggunakan Strategic Alignment Maturity Model (SAMM) (Studi Kasus : BKPSDM Kabupaten Bondowoso)en_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Oktalia Juwita, S.Kom., M.MTen_US
dc.identifier.pembimbing2Fajrin Nurman Arifin, ST.,M.Engen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_April_2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nor Kholil_192410101018.pdf
  Until 2028-07-25
1.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools