Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121903
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorARDHIYANSYAH, Gilang Rifqi-
dc.date.accessioned2024-07-11T01:43:16Z-
dc.date.available2024-07-11T01:43:16Z-
dc.date.issued2023-07-20-
dc.identifier.nim190210204151en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121903-
dc.description.abstractPenelitian dilatarbelakangi adanya kekurang maskimalan pada proses pembelajaran di SDN 1 Mangkujayan Ponorogo, sehingga hasil belajar yang diperolah belum maksimal. Adapun faktor penyebabnya adalah masih digunakannya metode pembelajaran konvensional atau ceramah dalam kegiatan belajar sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penggunaan metode guided note-taking berbantuan media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan desain non equivalent control group dan pola kuasi eskperimen. Metode guided note-taking adalah teknik pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kemampuan konsentrasi, mendengar, keaktifan, dan pemahaman peserta didik saat mempelajari materi yang jumlahnya banyak melalui handout yang disediakan guru. Subjek yang digunakan adalah kelas VA dan VB SDN 1 Mangkujayan dengan jumlah keseluruhan 58 peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan dari pengujian t-test diperoleh hasil thitung 6,127, lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db 56 adalah 1,671. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung (6,127) > ttabel (1,671) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode guided note-taking berbantuan media powerpoint interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V tema 8 subtema 1 SDN 1 Mangkujayan Ponorogo.en_US
dc.description.sponsorshipFajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMETODE GUIDED NOTE-TAKINGen_US
dc.subjectMEDIA POWERPOINT INTERAKTIFen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR PESERTA DIDIKen_US
dc.titlePengaruh Metode Pembelajaran Guided Note-Taking Berbantuan Media PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Tema 8 Subtema 1 SDN 1 Mangkujayan Ponorogoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Januari_2024_12en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Gilang Rifqi Ardhiansyah.pdf
  Until 2028-07-20
6.37 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools