Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121886
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWULANDARI, Tia-
dc.date.accessioned2024-07-10T06:42:36Z-
dc.date.available2024-07-10T06:42:36Z-
dc.date.issued2023-07-07-
dc.identifier.nim190210104079en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121886-
dc.description.abstractKemampuan scientific reasoning merupakan satu dari aspek pengetahuan penting yang menjadi tuntutan pada pembelajaran abad 21. Kemampuan penalaran ilmiah ini diharapakan mampu diterapkan pada pembelajaran IPA sebagai kontribusi dalam keterampilan kognitif siswa dan dapat dijadikan sebagai bekal siswa untuk menyambut tantangan global. Namun, faktanya kemampuan scientific reasoning siswa masih tergolong rendah. Model learning cycle 5E yaitu model pembelajaran yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan scientific reasoning siswa. Selain itu, penggunaan LKPD berbasis diagram berpikir mutlidimensi dapat mempermudah siswa untuk memahami konsep suatu pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dan peningkatan kemampuan scientific reasoning siswa menggunakan model learning cycle 5E disertai LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi. Penelitian ini berjenis quasi eksperimen dan desain non-equivalent control group desain. Tempat penelitian berada di SMP Negeri 3 Jember pada kelas 8 yang jumlah siswa masing-masing pada kelas kontrol dan eksperimen sebanyak 31 siswa. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran dengan model learning cycle 5E disertai LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan scientific reasoning siswa. Kemampuan scientific reasoning siswa mengalami peningkatan seusai siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 5E disertai LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi secara aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectDIAGRAM BERPIKIR MULTIDIMENSIen_US
dc.subjectMODEL LEARNING CYCLE 5Een_US
dc.subjectKEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONINGen_US
dc.titlePengaruh Model Learning Cycle 5E disertai LKPD Berbasis Diagram Berpikir Multidimensi terhadap Kemampuan Scientific Reasoning Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Supeno, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Diah Wahyuni, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Januari_2024_10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Full_Tia Wulandari.pdf
  Until 2028-07-20
4.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools