Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121882
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWULANDANI, Isti-
dc.date.accessioned2024-07-10T06:38:59Z-
dc.date.available2024-07-10T06:38:59Z-
dc.date.issued2023-07-06-
dc.identifier.nim190210104103en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121882-
dc.description.abstractPenelitian ini memiliki tujuan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA pada siswa SMP. Salah satu strategi yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis dan hasil belajar yaitu model pembelajaran Jigsaw. Model pembelajaran Jigsaw merupakan model pembelajaran yang dirancang memberikan kesempatan siswa terlibat mengikuti serangkaian pembelajaran melalui kegiatan pemecahan masalah dan kegiatan yang sistematis sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dengan menggunakan quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Jember. Sampel kelas dipilih purposive sampling dari kelas VIII B dan VIII C. Untuk mengukur berpikir kritis, dilakukan tes soal essay berjumlah 5 soal, 10 soal pilihan ganda untuk hasil belajar ranah pengetahuan dan non-tes pada ranah keterampilan. Hasil penelitian diperoleh setelah dianalisis menggunakan uji t-pihak kanan untuk berpikir kritis nilai thitung nya sebesar 7,890 dan nilai ttabel 1,671. Kemudian hasil belajar siswa ranah pengetahuan memperoleh nilai thitung 3,074 dan nilai ttabel 1,671 dan pada ranah keterampilan diperoleh nilai thitung 3,228 > ttabel 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa model dari Jigsaw pengaruh yang signifikan terhadap berpikir kritis siswa dan hasil belajar IPA oleh siswa SMP pada materi getaran dan gelombang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectJIJSAWen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN INTERAKTIFen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Jigsaw pada Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sutarto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Januari_2024_11en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc_skripsi full_Isti.pdf
  Until 2028-07-20
6.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools