Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121863
Title: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Ditinjau dari Tipe Kepribadian Holland
Authors: BULAN, Safira
Keywords: analisis kesalahan newman
barisan dan deret
holland
Issue Date: 25-Jul-2023
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Barisan dan Deret ditinjau dari tipe kepribadian Holland. Pada penelitian ini analisis kesalahan yang digunakan berdasarkan Newman’s Analysis Error (NEA) yang terdiri dari kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket tipe kepribadian Holland dan soal tes serta pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe Realistic dan Artistic melakukan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban. Siswa dengan tipe Investigative dan Conventional hanya melakukan kesalahan penulisan jawaban. Siswa dengan tipe Social melakukan kesalahan transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban sedangkan siswa dengan tipe Enterprising hanya melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban. Faktor utama yang menyebabkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa adalah kurangnya ketelitian siswa dalam mengerjakan soal.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121863
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY.pdf4.26 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools