Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121767
Title: Desain Kapal Cepat Ambulans Studi Kasus Rute Pelayaran Bawean-Gresik
Authors: DANI, Mohammad Umar
Keywords: BAWEAN ISLAND
HEALTH
FAST AMBULANCE BOAT
Issue Date: 24-Jul-2023
Publisher: Fakultas Teknik
Abstract: Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dimana pada setiap pulau tersebut memiliki pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, psukesmas dan apotik yang berperan penting dalam sistem pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang kurang maksimal masih dijumpai di setiap pulau di Indonesia yang salah satunya terjadi di Pulau Bawean. Pulau Bawean merupakan salah satu pulau di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pulau ini memiliki tiga fasilitas kesehatan yaitu Puskesmas Tambak, Puskesmas Sangkapura dan RSUD Umar Mas’ud. Pelayanan kesehatan di Pulau Bawean yang kurang memadai menyebabkan warga Pulau Bawean harus dirujuk ke rumah sakit di Kabupaten Gresik. Masalah yang timbul yaitu adanya pasien yang meninggal karena tidak bisa dirujuk, sering terjadi pasien hamil yang terpaksa melahirkan secara darurat di atas kapal. Pasien rujukan tersebut harus menumpang kapal dengan waktu tempuh lebih dari 4 jam dan jam keberangkatan kapal yang hanya berangkat jam 09.00 setiap harinya. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian untuk mendesain sebuah kapal cepat ambulans untuk kondisi darurat perairan Bawean-Gresik. Metode desain dalam penelitian ini menggunakan metode Point Base Design dalam menentukan mission requirement dan ukuran utama kapal. Setelah itu, dilakukan analisis teknis berupa analisis hambatan kapal, pemilihan main engine, analisis berat kapal dan analisis stabilitas kapal. Ukuran utama kapal yang telah memenuhi analisis teknis kemudian dibuat desain rencana garis, rencana umum, safety plan dan desain model kapal tiga dimensi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh desain kapal cepat ambulans dengan ukuran utama LPP= 11,6 m, B=2,8 m, H= 1,6 m, T= 0,8 m. Hasil analisis teknis nilai hambatan kapal dengan metode savitsky sebesar 8,5 kN dan dilakukan pemilihan main engine 2 x 150 hp, light weightttonnage (LWT) 5,701 ton dan deadweightttonnage (DWT) 1,403 ton. Hasil analisis stabilitas untuk loadcase 1 nilai dari e0° – 30° sebesar 0,0857 m.rad, e30° – 40° sebesar 0,0504 m.rad, GZ 30° sebesar 0,451 meter, Ѳ Max sebesar 66,4 deg, GM0 sebesar 0,941 meter. Hasil analisis stabilitas untuk loadcase 2 nilai dari e0° – 30° sebesar 0,0721 m.rad, e30° – 40° sebesar 0,0429 m.rad, GZ 30° sebesar 0,414 meter, Ѳ Max sebesar 66,4 deg, GM0 sebesar 0,862 meter. Hasil analisis stabilitas untuk loadcase 3 nilai dari e0° – 30° sebesar 0,0789 m.rad, e30° – 40° sebesar 0,0485 m.rad, GZ 30° sebesar 0,473 meter, Ѳ Max sebesar 68,2 deg, GM0 sebesar 0,967 meter. Hasil analisis stabilitas untuk loadcase 4 nilai dari e0° – 30° sebesar 0,0725 m.rad, e30° – 40° sebesar 0,0432 m.rad, GZ 30° sebesar 0,433 meter, Ѳ Max sebesar 69,1 deg, GM0 sebesar 0,931 meter. Hasil analisis stabilitas tersebut telah memenuhi kriteria intact stability untuk kapal cepat BKI Vol. III 2021 Rules for High Speed Craft, Annex 8 Stability of Monohull Craft. Desain kapal dalam penelitian ini berupa rencana garis (lines plan), rencana umum (general arrangement), safety plan dan desain model kapal tiga dimensi.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 24 Juni 2024
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121767
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2029-05-27
4.77 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools